Tim Misi Budaya Albayan Tampil Cemerlang Pada Ajang International Festival of Highland Folklore 2024 di Zakopane

Tahun 2024 ini SMA Albayan kembali mengadakan perjalanan Misi budaya bersama Tim Misi Budaya Kinanthi. Perjalanan Misi Budaya Albayan tahun ini dalam rangka mengikuti International Festival of Highland Folklore yang diselenggarakan pada tanggal 18 sampai 22 Agustus di kota Zakopane. Zakopane adalah sebuah kota yang terletak di ujung selatan negara Polandia tepatnya di kaki pegunungan Tatra.

Misi Budaya Albayan Kinanthi 2024 ini beranggotakan 27 siswa Albayan dan ditemani oleh tiga orang guru pembimbing yaitu Bapak Dr. H. Heriyanto., M.Pd, Ibu Hj. Pudji Nurani., M.Pd dan Bapak H. Mudarismen, M.Pd. Seluruh siswa Al Bayan yang tergabung dalam Misi Budaya ini menampilkan dua tarian dan satu permainan musik Angklung. Tarian yang dibawakan oleh siswa Albayan ini masing-masing adalah Tari Saman dan Tari Mambo Simbo. Sedangkan permainan musik angklung menampilkan lagu-lagu daerah Indonesia dan satu lagu internasional.

International Festival of Highland Folklore tahun 2024 di kota Zakopane ini diikuti oleh sebelas negara yaitu Mexico, Polandia, Hungaria, Rumania, Kosova, Turky, Bulgaria, Serbia, Spanyol, Slovakia dan Indonesia. Dengan total grup kesenian sebanyak tujuh belas tim dan Polandia mengirimkan peserta terbanyak dengan jumlah tujuh tim. Sehingga dari sebelas negara ini total peserta sebanyak delapan belas tim.

Perhelatan festival dinilai langsung oleh juri-juri profesional dalam bidang seni. Ada beberapa penghargaan yang diperebutkan di ajang festival ini. Untuk kategori tari ada penghargaan The Special Award sementara di kategori musik ada penghargaan The Most Special Mention. Semua penghargaan tersebut diberikan oleh Nagroda Muzeum Tatrzanskiego atau Museum Polandia.

Indonesia yang diwakili oleh Tim Misi Budaya Albayan Kinanthi memperoleh penghargaan dari sponsor utama Museum Polandia. Seluruh penonton sangat kagum dengan penampilan angklung yang dibawakan oleh para siswa Al bayan. Menurut mereka ini adalah penghargaan pertama dan terbesar yang mereka berikan. Tim Misi Budaya Albayan Kinanthi mendapat penghargaan tertinggi The Special Prize dengan membawa total hadiah dua puluh delapan juta ditambah dengan piala, vandel dan karangan bunga berisi coklat asli Polandia.

Juara spesial ini adalah pilihan penonton dan masyarakat Zakopane tempat festival folklore berlangsung. Tim Misi Budaya Albayan Kinanthi berhasil mencuri perhatian masyarakat setempat mulai dari Walikota, CEO hotel dan para anggota delegasi negara lain. Selain penghargaan tertinggi The Special prize tim Misi Budaya Albayan Kinanthi juga mendapatkan penghargaan The Most Mentioned Prize khusus untuk prnampilan seni Angklung. Selain empat penghargaan ini seluruh peserta mendapatkan sertifikat sebagai pertisipan pada kompetisi musik dan tari.

Perjalanan Misi Budaya Albayan Kinanthi tahun 2024 ini begitu berkesan dan memberikan pengalaman berharga bagi seluruh siswa Albayan untuk berani tampil di depan umum dan belajar disiplin pada waktu. Semoga keberhasilan perjalanan Misi Budaya tahun 2024 ini menjadi inspirasi untuk lebih berprestasi lagi di Misi Budaya tahun berikutnya.