SMA Albayan mengikuti Pameran Literasi GLN Talenta 2024

Di era Globalisasi yang tengah melanda dunia dewasa ini tak terkecuali di negeri kita, literasi merupakan suatu keterampilan  yang memegang peranan penting dalam semua lini kehidupan manusia. Untuk itu sangat penting mengajarkan keterampilan  literasi kepada para siswa.

Literasi tidak hanya dipandang sebagai kemampuan baca dan tulis, namun juga tentang kemampuan berbahasa seperti menyimak, memirsa, menulis dan berbicara. Semua kemampuan tersebut disinergikan dengan kemampuan berpikir (mengakses, mengeksplorasi, mengidentifikasi, memproses, memperhitungkan, mempertanyakan, memahami, menginterpretasi dan mengevaluasi). Dengan demikian setiap siswa mempunyai kemampuan untuk menggunakan, mengekspresikan, menciptakan dan mengkomunikasikan pengetahuan yang diperolehnya.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi siswa, SMA Albayan mengikuti kegiatan GLN Gareulis Jabar dengan program bertajuk TALENTA (Tantangan Literasi Nusantara) pada rentang waktu Maret 2023 hingga Desember 2023. Puncak rangkaian kegiatan GLN Gareulis TALENTA tersebut diadakan di hari Kamis, 25 Januari 2024  bertempat di SMPN 3 Cibadak berupa pameran literasi yang diikuti oleh seluruh peserta dari tingkat SD hingga Universitas juga ada dari perorangan.

Pada acara pameran literasi tersebut, setiap stand memamerkan seluruh hasil karya tantangan literasi yang dilaksanakan dalam kurun waktu 10 bulan tersebut. Karya yang dipamerkan berupa kolase foto mengikuti diklat TALENTA, sertifikat mengikuti diklat, buku-buku yang dibaca selama tantangan berlangsung, naskah hasil tulisan para peserta berupa cerpen, puisi, pantun, carpon dan kajian ayat Al Qur’an. Video literasi tidak lupa ditampilkan juga, diantaranya video dongeng, video literasiku, video dunia pustaka dan diorama dunia baca.

Dalam rangkaian acara puncak GLN Gareulis TALENTA 2024 ini juga sekaligus  diumumkan para juara tantangan literasi. SMA Albayan berhasil menjadi terbaik pertama pada tantangan Cerpen tingkat SMA dan menjadi terbaik kedua pameran literasi. Hasil ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh siswa yang menjadi tim GLN Gareulis TALENTA ini karena berhasil menyelesaikan seluruh tantangan di waktu yang panjang yaitu sepuluh bulan.

Semoga keberhasilan ini mampu memberikan semangat yang lebih tinggi lagi kepada seluruh siswa SMA Albayan dalam pembiasaan literasi di lingkungan sekolah.