Laboratorium Musik: Tempat Lahirnya Bakat-Bakat Seni Siswa SMA Albayan

Laboratorum musik SMA Albayan adalah salah satu sarana dan fasilitas yang tersedia di lingkungan sekolah. Keberadaan laboratorium musik ini sangat dirasakan banyak sekali manfaatnya oleh seluruh siswa dan masyarakat sekolah pada umumnya. Selain menambah pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memainkan alat musik juga menambah rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan umum.  

Laboratorium musik di lingkungan SMA Albayan ini tidak hanya sebagai sumber belajar mengajar mata pelajaran seni, namun lebih dari itu juga digunakan sebagai tempat pengamatan dan metode percobaan dalam memainkan beragam alat musik, serta sebagai sarana tempat siswa berlatih olah vokal sekaligus sebagai tempat latihan dalam menghadapi berbagai kegiatan lomba seni suara yang diikuti oleh siswa. Tidak hanya itu, laboratorium musik juga digunakan sebagai tempat kegiatan ekstrakurikuler seperti seni suara, paduan suara, gitar klasik, nasyid, hadroh, eskul gitar, keyboard dan drum.

Laboratorium musik SMA Albayan adalah sebuah studio band full alat dan juga berfungsi sebagai studio rekaman dengan alat mumpuni. Untuk keperluan di luar KBM, ruangan musik ini digunakan setiap hari di waktu sore selepas jam KBM usai.

Laboratorium musik SMA Albayan dalam upayanya memenuhi kebutuhan belajar siswa di bidang seni dilengkapi dengan berbagai alat musik seperti gitar elektrik, bas elektrik, gitar akustik, gitar klasik, drum akustik, drum elektrik, cajon, keyboard, digital piano dan seperangkat komputer rekaman. Komputer rekaman ini digunakan bila ada proyek musik atau membuat lagu.

Laboratorium musik juga dilengkapi dengan seperangkat alat untuk keperluan siaran podcast. SMA Albayan seringkali mengadakan kegiatan podcast jika ada kegiatan atau event tertentu di sekolah.

Ruangan diseting kedap suara sehingga tidak menimbulkan suara bising keluar dan mengganggu kenyamanan siswa lain yang sedang beraktivitas di luar. Dengan fasilitas yang lengkap dan penggunaan ruangan yang multifungsi ini maka tidak heran jika dari  laboratorium musik SMA Albayan ini telah lahir para juara dalam berbagai kompetisi dan festival nyanyi yang diikuti oleh para siswa , diantaranya yaitu lomba FLS2N, lomba nasyid di berbagai ajang festival dan lomba menyanyi baik perorangan maupun grup.