Susur Pantai Bersama Eskul Albapala SMA Albayan

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan di luar jam KBM normal yang sifatnya sebagai kegiatan tambahan bagi siswa untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan di luar ilmu pengetahuan yang didapatkan di dalam kelas. Ekstrakurikuler ini juga dapat membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Salah satu eskul yang ada di lingkungan sekolah SMA Albayan adalah eskul Albayan Pecinta Alam atau biasa disebut dengan istilah Albapala. Dalam kegiatannya Albapala banyak melakukan kegiatan ekskursi ke luar berupa mengeksplorasi lingkungan di alam terbuka.

Pekan kemarin tepatnya di hari Sabtu tanggal 20 Januari 2024, eskul Albapala melakukan kegiatan susur Pantai Selatan Pelabuhan Ratu. Susur pantai adalah kegiatan menyusuri pesisir pantai dan termasuk salah satu kegiatan hiking yang tidak kalah menarik. Susur pantai ini bertujuan untuk melihat secara langsung keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di daerah pantai serta mengetahui pantai sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya.

Kegiatan susur pantai dimulai dengan mengambil titik keberangkatan dari SMA Albayan pada pukul 11.00 siang. Rombongan siswa dan pembina eskul langsung menuju pantai Citepus Pelabuhan Ratu sebagai titik awal kegiatan. Siswa eskul Albapala sampai di pantai Citepus pada pukul 12.30. Setelah makan siang, salat dan istirahat sejenak para anggota eskul segera melakukan persiapan kegiatan susur pantai.

Jarak tempuh susur pantai ini direncanakan sejauh 4,8 km dengan rute dari pantai Citepus hingga pantai Cimaja. Tim Albapala mulai bergerak pada pukul 13.30 namun setelah berjalan sejauh 3,8 km tepatnya di pantai Mutiara air laut tiba-tiba pasang dan jalan tepian pantai terhalang jalur pantai bertebing sehingga tim Albapala memutuskan untuk menghentikan perjalanan. Meskipun tidak sampai akhir tujuan yang direncanakan yaitu titik akhir pantai Cimaja namun seluruh siswa eskul Albapala mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang berkaitan dengan segala habitat yang ada di sepanjang pesisir baik itu jenis flora maupun fauna pantai.