OSIS SMA Albayan Menyelenggarakan LDKS

Sekolah bukan hanya sebagai tempat siswa belajar di kelas namun juga berfungsi sebagai tempat siswa belajar berbagai hal di luar ruang kelas. Salah satunya adalah belajar berorganisasi dengan baik dan benar. Salah satu wadah tempat siswa belajar mengembangkan kemampuan berorganisasi adalah OSIS.

Pada awal tahun 2024 ini tepatnya hari Senin tanggal 15 Januari Kepala Sekolah SMA Albayan Bapak H. Heriyanto, M.Pd. melantik pengurus OSIS baru untuk masa bakti tahun 2024. Bersamaan  dengan pelantikan para ketua eskul yang ada di sekolah.

Salah satu agenda rutin setelah acara pelantikan tersebut adalah kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin hingga Rabu tanggal 15-17 Januari 2024 bertempat di aula dan gedung olahraga sekolah. LDKS ini diikuti oleh 115 siswa yang terdiri dari 60 pengurus OSIS dan 16 pengurus MPK serta 41 ketua ekstrakurikuler.

LDKS bertujuan untuk meningkatkan kualtias sumber daya peserta didik khususnya dalam hal mendalami dan memahami tentang konsep atau dasar–dasar sebuah organisasi. Sehingga diharapkan saat menjalankan organisasi yang dipegangnya bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

LDKS diisi dengan beberapa materi diantaranya tentang organisasi dan kepemimpinan, peran organisasi siswa dan ekstrakurikuler di Al Bayan, materi tentang program perijinan dan laporan, penyusunan prioritas waktu, kepemimpinan Rosululloh SAW, membangun network, retorika organisasi, membangun kerjasama, materi baris berbaris, memimpin dengan akhlak yang baik dan terakhir materi tentang workshop pembuatan program. Materi di atas diisi oleh guru-guru SMA Albayan.

Semoga dengan diberikannya materi-materi kepemimpinan dan organisasi tersebut dalam acara LDKS para pengurus OSIS dan ketua ekstrakurikuler bisa bekerja lebih baik dan memiliki kapasitas yang mumpuni dalam menjalankan organisasi.