Albayan Juara Umum di Ajang Telkom Science Competition 2023

Telkom Science Competition merupakan ajang lomba yang diselenggarakan oleh Pusat Olimpiade Science Indonesia (POSI) bekerjasama dengan Telkom University. Lomba ini diselenggarakan pada hari Sabtu,27 Juli 2023 bertempat di Telkom University Bandung.

Lomba yang diselenggarakan dimulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-Jawa Barat dan sekitarnya. Kategori SMA/MA/SMK terdiri dari 8 Bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi dan Akuntasi. Total peserta yang mengikuti lomba lebih dari 1000 siswa yang berasal dari SD sampai SMA di Jawa Barat, Jakarta dan Banten.

SMA Pesantren Unggul Al Bayan mengirimkan 11 perwakilannya yang terdiri dari 6 siswa kelas XII dan 5 siswa kelas XI. Alhamdulillah 10 siswa Albayan berhasil meraih medali dengan perincian 3 medali emas, 2 perak dan 5 perunggu.

Siswa SMA Albayan berhasil meraih medali di bidang lomba fisika, biologi, matematika, ekonomi, geografi dan Bahasa Inggris. Pada mata lomba fisika, siswa SMA Albayan yaitu Ammar Dipo Nusantara berhasil meraih emas dan Rafael Baldizani M Y berhasil meraih medali perak. Sementara Ahmad Fairus Baraya berhasil meraih medali perunggu.

Di bidang biologi dan matematika SMA Albayan berhasil menempatkan siswanya di urutan ketiga dengan meraih medali perunggu. Siswa tersebut adalah Ilham Husni Pratama untuk biologi dan di bidang matematika diraih oleh Muhammad Raziq Raki.

Pada bidang ilmu sosial pun siswa SMA Albayan tidak mau kalah dengan siswa bidang IPA. Terbukti dengan diraihnya medali perunggu untuk bidang ekonomi oleh Mushlih Nugraha. Selain ekonomi, di mata lomba geografi pun SMA Albayan berhasil meraih medali perak. Medali perak pada bidang geografi ini diraih oleh Geri Wiryawan.

Selain mata lomba yang sudah disebutkan di atas ternyata masih ada lagi medali yang diraih oleh siswa-siswa SMA Albayan ini, yaitu pada mata lomba
Bahasa Inggris. Siswa yang berhasil meraih medali di bidang Bahasa Inggris adalah Riziq Fajar dan Kenara Athallah Razzanda meraih medali emas. Sementara Farrel Ardian Yasin meraih medali perunggu.

Perolehan medali ini membawa SMA Pesantren Unggul Al Bayan menjadi Juara Umum dan berhak membawa piala Rektor. Selain menjadi juara umum, 3 siswa Al Bayan juga mendapatkan golden tiket dan beasiswa pendidikan atas nama Ammar Dipo Nusantara, Rafael Baldizani MY serta Riziq Fajar As Shidqi.

Selamat untuk para siswa Al Bayan, semoga dapat memotivasi dan terus berprestasi dalam karya.