Al Bayan Juara Umum pada KSN 2021 di Kabupaten Sukabumi

Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah kompetisi yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah Menteri Pendidikan Nasional melalui Sekretaris Jendral. Tujuan diadakannya KSN ini adalah untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, juga untuk membentuk  peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter. Bidang  yang dilombakan dalam KSN tahun 2021 meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Seleksi  KSN dilakukan secara berjenjang  mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/ kota, provinsi, nasional, dan internasional.

SMA AL Bayan dalam perhelatan KSN tahun 2021 ini di tingkat kabupaten berhasil menghantarkan 11 siswa nya lolos ke tingkat provinsi untuk berlomba di tingkat selanjutnya. Dari 9 bidang lomba yang diadakan, siswa SMA Al Bayan berhasil mewakili kabupaten Sukabumi dalam bidang Informatika sebanyak 2 siswa yaitu  M.Ihsan Alfarisi kelas XI MIPA 3 dan Fabian Radenta bangun kelas XI MIPA 2, Bidang Kimia sebanyak 1 siswa yaitu, Sulaiman Syarif kelas ZI MIPA 4 , Bidang Geosains sebanyak 1 siswa yaitu Rd. Pranavaditya Ravi W kelas XI MIPA 1, Bidang Astronomi diwakili oleh 2 siswa yaitu, Rizano Alamsyah kelas ZI MIPA 2 dan Araika Idea Fahlefi kelas XI MIPA 3, Bidang Geografi yang maju ke tingkat provinsi adalah Abdillah Putra Alvera siswa kelas X IPS 1, Bidang Matematika diwakili oleh kelas X yaitu M.Fadhil Hakim kelas X MIPA 1 dan Bagus Cipta Pratama kelas X MIPA 3 dan terakhir SMA PU AL Bayan mengirimkan wakil KSN di tingkat provinsi dalam bidang Ekonomi yaitu Brammantya Rizqullah kelas XI MIPA 1.

Dengan demikian dari 9 bidang yang dilombakan dalam KSN 2021 ini SMA PU Al Bayan berhasil mengirimkan wakilnya untuk 7 bidang keilmuan mewakili kabupaten Sukabumi dalam bidang Informatika, Kimia, Geosains, Astronomi, Geografi, Matematika dan Ekonomi. Semoga di tahun tahun mendatang jumlah bidang yang berhasil dimenangkan akan bertambah lagi dan wakil siswa dari SMA PU Al Bayan akan lebih banyak lagi. Melanjutkan tradisi Juara.