Tiga Siswa SMA Al Bayan lolos ke KSN tingkat Nasional

Masa pandemi tidak menjadi halangan bagi para siswa SMA Al Bayan untuk bisa mengikuti berbagai macam kompetisi yang dilaksanakan oleh berbagai Lembaga, baik itu Lembaga Pemerintah maupun Lembaga-lembaga Pendidikan lainnya. Berbagai ajang diikuti , salah satu kompetsisi yang rutin diikuti oleh SMA Al Bayan adalah Kompetisi Sains Nasional (KSN ). SMA Al Bayan hampir setiap tahun mengirimkan siswa nya untuk mengikuti KSN. Bahkan banyak diantara para siswa ini yang berhasil mengikuti pelatnas untuk seleksi peserta tingkat internasional.  Beberapa bidang KSN yang pernah sampai di pelatnas tingkat Internasional  tersebut  diantaranya adalah : Kimia, Biologi, Komputer, Matematika dan Ekonomi. Bahkan untuk bidang Ekonomi SMA Al Bayan di tahun 2020 yang lalu berhasil mengirimkan satu siswanya yaitu Muhammd Zaky Nur Fajar  menjadi salah satu  tim yang mewakili Indonesia ke ajang International Economics Olympiad (IEO) yang berlangsung secara daring di Kazakhstan dan mendapatkan medali perak.

Kompetisi Sains Nasional (KSN ) adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (PUSPRESNAS). KSN tahun 2021 ini mengusung tema “Sains Pulihkan Negeri” dengan cakupan  bidang Matematika , Fisika, Kimia, Informastika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. KSN ini dimaksudkan  untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. dan juga ditujukan  untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

SMA Al Bayan pada ajang KSN tahun 2021 ini berhasil masuk ke tingkat nasional setelah berjuang dalam kompetisi di KSN tingkat Provinsi Jawa Barat. Siswa SMA Al Bayan berhasil mengirimkan tiga utusan siswanya  dalam bidang Kimia, Astronomi dan Geografi. Mata bidang lomba Kimia diwakili oleh Sulaiman Syarif siswa kelas XII , sementara dalam bidang astronomi diwakili oleh M.Rizano Alamsyah siswa kelas XII. Keduanya adalah siswa SMA Al Bayan Putra Cibadak. Sementara bidang lomba Geografi diwakili oleh Allysa Dwitya Zafira siswa SMA Al Bayan Putri Salabintana. Ketiga siswa dan siswi ini akan bertanding mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional. Semoga ketiganya bisa berprestasi di KSN  tingkat nasional tahun ini .