Ujian Sertifikasi Tahfidz Gelombang 1 di Al Bayan Tahun Pelajaran 2021/2022

Al Qur’an sebagai pedoman hidup seluruh umat muslim sangat penting untuk dipahami dan dipelajari. Pegangan  utama selain hadis Rosululloh dalam menjalani kehidupan agar sesuai dengan perintah  oleh Allah SWT. Mempelajari Al Qur’an merupakan keutamaan yang besar. Muslim yang paham  kandungan Al Qur’an  maka diharapkan dapat menjalankan perintah dan menghindari larangan dari Allah SWT. Menghapal Al Qur’an juga merupakan hal utama bagi setiap muslim mempunyai pahala yang besar dan mendapat kedudukan utama disisi Allah. 

SMA Pesantren Unggul Al Bayan adalah sekolah berbasis asrama yang memiliki keunggulan dalam muatan lokal yaitu pembelajaran di bidang kepesantrenan. Oleh karena nya para siswa selain diberikan mata pelajaran umum yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku,  juga diberikan mata pelajaran kepesantrenan sebagai nilai tambah penanaman nilai-nilai karakter akhlaqul karimah. Dalam pelaksanaan program kepesantrenan ini dilaksanakan juga pembelajaran bidang Tahfidz yaitu memberikan pendampingan dalam program menghafal Al Qur’an dan sekaligus memberikan bimbingan kepada siswa-siswa yang sudah mempunyai hafalan dengan jumlah yang cukup banyak agar terpelihara hafalannya.

Hapal dan menguasai juz 30 adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah di Al Bayan , disamping mengerjakan Karya Tulis Ilmiah.  Pekan ini berlangsung Ujian Sertifikasi Tahfidz geombang 1 untuk tahun pelajaran 2021-2022 yang diikuti oleh kelas X, XI dan XII. Peserta nya adalah siswa yang sudah mendaftar dan dinyatakan siap untuk mengikuti proses ujian ini. Total peserta adalah 77 orang dengan sebaran masing-masing kelas adalah  kelas X1 sebanyak 46 siswa disusul oleh kelas X sebanyak 30 orang. Kelas XII ada 1 orang siswa yang diujikan untuk juz 1, 26 dan 27. Dari seluruh peserta sebanyak 47 siswa ujian juz 30, 15 siswa ujian juz 29 dan sisanya tersebar di beberapa juz. Guru yang terlibat dalam proses ujian ini sebanyak 21 guru. Agenda dilaksanakan selama 5 hari dari hari Senin, 30 Agustus 2021 sampai hari Jumat tanggal 3 September 2021.

Dengan terselenggaranya Ujian Tahfidz gelombang 1 ini diharapkan siswa menguasai juz 30 yang menjadi program wajib untuk dihapal bagi seluruh siswa dan lebih memahami isi dan kandungan setiap ayat ayat Al Qur’an yang dibacanya.