Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H. di SMA Al Bayan

Tahun baru hijriah adalah moment penting bagi setiap ummat muslim di dunia. Hijrah berarti meninggalkan segala bentuk kemaksiatan dan melaksanakan segala bentuk perintah Allah. Banyak kisah di dalam Al Qur’an yang meriwayatkan tentang sejarah hijrah para nabi terdahulu. Kita sebagai umat nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW merayakan tahun baru hijrah melalui kisah perjalanan Beliau dari Mekkah ke Madinnah. Semangat hijrah harus senantiasa melekat pada setiap diri umat muslim.

Sebagai sekolah yang berbasis pendidikan islam, SMA Al Bayan tentu tidak melewatkan begitu saja kesempatan merayakan tahun baru hijriah 1 Muharram yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Pada hari itu , KBM diliburkan dan kegiatan berfokus pada aktivitas yang bertujuan untuk memperingati tahun baru islam 1443 Hijriah. Ada beberapa perlombaan yang diadakan, yaitu : 1) Lomba Adzan, 2) Lomba Tahfizh Qur’an, 3) Lomba Imla Qur’an dan Kegiatan Khataman Al Qur’an per kelas.

Lomba Adzan adalah jenis lomba yang dinilai dari seni melantunkan adzan yang baik dengan memperhatikan kefasihan, ketepatan dalam mengucapkan setiap kata dan lagamnya. Setiap kelas mengutus 3 siswa sebagai wakil.  Sedangkan untuk tahfidz Qur’an yang dinilai adalah hafalan 2 juz Al Qur’an. Peserta diberi keleluasaan untuk menentukan 2 juz yang paling dihafalnya. Bentuk kompetisinya berupa meneruskan beberapa potongan ayat dari setiap juz yang dibacakan oleh dewan juri. Tahfidz Qur’an ini diwakili oleh 2 orang siswa dari setiap kelasnya. Kegiatan ketiga adalah lomba imla Al Qur’an, yaitu menghafal dengan menuliskan ayat Al Qur’an juz 30. Peserta menulis surat yang dihafal yang sudah ditentukan oleh dewan juru dengan memperhatikan ketepatan, kerapihan tulisan dan waktu pengerjaan dan diikuti oleh 5 orang siswa dari masing-masing kelas. Rangkaian peringatan tahun baru islam ini  diawali oleh tausyiah singkat dari Bapak Drs. Heryanto.M.Pd selaku Kepala Sekolah dan khataman Al Qur’an per kelas. Berikut adalah nama pemenang lomba-lomba kegiatan peringatan tahun baru islam 1443 Hijriah di Al Bayan :

Lomba Tahfizh

1. M Wildan Kamil     XII.1

2. M Ainur Rafiq N.   XI.2

3. M Nawfal Nurul Ijlal   XI.1

Lomba Imla Alquran

Kelas X

1. Aulia Sulthan Baihaqi     X IPS

2. Nurfaizurrahman Nuh  X IPA 1

3. Aulia Yudha Prasetyo.  X IPA 3

Kelas XI

1. Tengku M Hafizh   XI.1

2. M Syahreja N R.   XI.2

3. Naufal Bakas Swara.  XI.2

Kelas XII

1. M Yaafi Wasesa.  XII.3

2. Daffa Kautsar F.   XII.4

3. M Dhia Ramadhani.   XII.2

Lomba Adzan

Kelas 10

Juara 1. Muhammad Muslih Nugraha (IPS)

Juara 2. Farhan Rafi MA (IPS)

Juara 3. M. Alfaris Zaka R (X.3)

Kelas 11

Juara 1. RM. Pranavadya (IPS)

Juara 2. Ravari (11-1)

Juara 3. Razan (11-1)

Kelas 12

Juara 1. Rangga (12-4)

Juara 2. Fauzan Hidayatullah (12-3)

Juara 3. Marvel (12-4)

Semoga dengan diadakannya seluruh rangkaian kegiatan tahun baru islam 1443 Hijriah ini, siswa-siswa SMA Al Bayan dapat lebih menambah kecintaan kepada nabi Muhammad SAW dan akhirnya dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.