Belajar Mandiri Sebagai Salah Satu Layanan Prima dalam Pembelajaran di Al Bayan

Pendidikan adalah suatu yang penting didapatkan oleh setiap warga negara di Indonesia. Pasal 31 ayat (1) UUD NRI 1945 menegaskan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu pendidikan merupakan masalah yang krusial  untuk didapatkan oleh seluruh warga negara Indonesia. Dalam rangka memenuhi amanat seperti yang termaktub di Undang Undang Dasar tersebut maka SMA Pesantren Unggul Al Bayan hadir untuk mencerdaskan anak bangsa.

Sebagai lembaga pendidikan yang mengutamakan mutu lulusan berkualitas, SMA Al Bayan mempunyai program-program unggulan dalam layanan pembelajaran kepada siswa selain kegiatan belajar mengajar rutin yang dilakukan setiap hari. SMA Al Bayan yang merupakan sekolah berasrama, memiliki 24 jam kehidupannya di lingkungan sekolah maka sekolah berkewajiban memberikan layanan terbaik kepada siswa.

Salah satu program yang ada dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada siswa adalah kegiatan belajar mandiri yang didampingi oleh guru. Kegiatan  ini dilakukan di malam hari setelah isya. Siswa belajar di asrama untuk persiapan kegiatan belajar esok hari. Seluruh guru mendapatkan jadwal piket untuk mendampingi siswa-siswa belajar setiap harinya. Didampingi  pula oleh pembina asrama yang membantu dalam  mengkondisikan siswa. Guru membimbing dan memberikan layanan konsultasi kepada siswa serta mendampingi belajar  untuk mempersiapkan pembelajaran pada hari berikutnya Layanan prima dalam pembelajaran di sekolah berasrama adalah sesuatu yang amat penting.

Sekolah tidak hanya berperan sebagai tempat belajar namun juga sebagai pengganti orang tua di rumah. Maka seluruh kegiatan siswa menjadi tanggung jawab sekolah. Begitupun dalam kegiatan pembelajaran. Memberikan layanan sebaik baiknya adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kepercayaan orang tua kepada sekolah. Serta ikut berperan dalam menjaga mutu sekolah dan lulusan agar menjadi siswa yang mandiri, berprestasi dan berakhlakul karimah sesuai dengan slogan SMA Al Bayan.