Rekrutmen Guru Baru Al Bayan Diminati Lebih dari 1.000 Pelamar

Guru mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional khususnya bidang pendidikan. Guru bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi peserta didik untuk menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas di masa depan. Oleh karena itu, keberadaan guru yang berkompeten mutlak dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan (sekolah).

Seiring dengan berkembangnya jumlah sekolah menjadi 4 unit, tahun ini SMA Pesantren Unggul Al Bayan kembali mengadakan rekrutmen calon guru baru. Lowongan guru dibuka untuk 17 formasi yang akan ditempatkan di 4 sekolah Al Bayan. Dari lowongan formasi yang dibuka,  terdapat 1.100 lebih pelamar yang telah mengirimkan surat lamaran dan lampiran berkas melalui surat elektronik. Pelamar berasal dari lulusan S1 dan S2 berbagai universitas favorit dalam dan luar negeri, seperti dari Al Azhar Cairo Mesir, Cukurova University Turki, Gontor Darussalam, UGM,  UI,  Unpad, UNJ,  UPI,  dsb.

Dengan banyaknya peserta rekrutmen guru baru, maka panitia melakukan 4 tahapan seleksi. Tahap pertama, panitia melakukan seleksi berkas. Pelamar yang memiliki kualifkasi sesuai ketentuan akan lolos ke tahap kedua. Pada tahap kedua, peserta diminta mengerjakan soal TPA,  Bahasa Inggris,  Wawasan Ke-Islaman dan soal Bidang Studi dengan total durasi 180 menit. Berikutnya,  peserta yang lolos tahap 3 akan akan menjalani tes hafalan dan bacaan Al Quran, tausiyah dan wawancara. Seleksi tahap 2 dan 3 dilakukan secara daring. Selanjutnya, 50 peserta seleksi diundang ke Al Bayan Cibadak untuk untuk seleksi tahap akhir, materi seleksi meliputi praktek komputer,  microteaching dan wawancara dengan kepala sekolah.

Tes Kompetensi Akademik (online)

Guna menyambut kedatangan peserta seleksi guru baru, pihak panitia menyiapkan protokol kesehatan yang ketat.  Sebelum memasuki area kampus, seluruh peserta, melakukan tes genose yang disediakan oleh panitia. Selanjutnya, peserta juga diwajibkan menggunakan masker, jaga jarak dan hanya diperbolehkan berada di area tertentu yg sudah steril dari siswa.

Tes Wawancara dengan Kepala Sekolah

Secara umum pelaksanaan rekrutmen guru baru terlaksana dengan baik. Guru yang diterima,  nantinya akan mengisi lowongan formasi di 4 sekolah Al Bayan. Rincian penempatan guru baru yaitu guru MTK dan Tahfidz di Al Bayan Cibadak. Guru Bahasa Inggris,  MTK,  Tahfidz dan BK untuk Al Bayan Anyer. Guru Ekonomi,  MTK,  Bahasa Indonesia,  Geografi dan Fisika untuk Al Bayan Selabintana dan guru BK,  Bahasa  Inggris,  Biologi, Bahasa Arab di Al Bayan Goalpara. Semoga bisa bergabung calon guru hebat yang siap berhidmat kepada agama dan bangsa.