SMA Pesantren Unggul Al Bayan kembali mengukir prestasi yang membanggakan.  Duta SMA PU Al Bayan yang diwakili oleh siswa kelas X s.d. XII membawa pulang Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat setelah menjadi Juara Umum untuk yang ketiga kalinya dalam  Educational Festival 2014 yang diselenggarakan oleh SMP-SMA Al Kahfi Bogor, 23 s.d. 26 Januari 2014.

Lomba-lomba yang diselenggarakan meliputi lomba Cerdas Cermat, Foto Rally, Bertutur Sirah, Debat Bahasa Indonesia, Musabaqah Hifzhil Quran, Stand Up Da’I, Khitobah, Nasyid, Marawis, dan 3D Wall Magazine.

Dari 10 mata lomba  tersebut, anak-anak  SMA PU Al Bayan meraih prestasi pada  lomba Cerdas Cermat sebagai juara I, Foto Rally sebagai juara 2 dan 3, Bertutur Sirah sebagai  juara 2, dan Stand Up sebagai juara 2. Siswa-siswa yang berprestasi tersebut yaitu Fathan Ahsanul Fardi, Maulana Fikri, dan Alijha Rasyidi (LCC), Ahmad Akif dan Robby Arinal Hasan (Foto Rally), Aditia Sulaiman Simanjuntak (Bertutur Sirah), dan M. Iqbaal Ramadhani (Stand Up Da’I).

Eduactional Festival diikuti oleh 43 Sekolah SMA dari tiga provinsi, yakni Jabar, Banten, dan Jakarta. Di antaranya SMAN 1 Bogor, SMA Nurul Fikri Serang, SMAN 2 Tangerang Selatan, SMA Nurul Fikri Lembang, dan SMA Multazam Kuningan. Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Provinsi Jawa Barat sekaligus membuka acara Educational Festival Al Kahfi 2014. Tak lupa dilengkapi dengan kehadiran bintang tamu yang mengisi dan memeriahkan acara, misalnya Rapper Islami asal Bandung, Ebiet Beat A.

Sebagai juara umum tiga tahun berturut-turut, SMA PU Al Bayan mendapatkan hak paten  Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat.  Sebagai bahan evaluasi, dalam Edufest Al Kahfi tahun depan, SMA Pesantren Unggul Al Bayan berharap dapat mengukir prestasi yang lebih baik daripada Edufest Al Kahfi  tahun ini.
“Keberhasilan Anak-anak tidak terlepas dari bimbingan guru-guru yang telah menyisihkan waktunya di sela-sela kesibukan. Oleh karena itu, terima kasih atas segala bimbingan yang diberikan sehingga anak-anak mampu mencapai prestasi yang membanggakan” Demikian pernyataan Wakasek Kesiswaan, Hadi Zaenal Muttaqin,S.Pd. Beliau juga menambahkan bahwa keberhasilan ini pun tak lepas dari motivasi yang luat biasa dari pimpinan SMA PU Al Bayan, Drs.H.Heriyanto,M.Pd.

“Selamat dan sukses untuk Akif dan kawan-kawan.  Semoga kesuksesan ini dapat menjadi teladan bagi para siswa dan para guru dalam meraih prestasi  akademik maupun nonakademik”. Pungkas Pak Hadi.