Peningkatan dan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan diluar kawasan sekolah merupakan wahana bagi pengembangan Program Adiwiyata yang menggali dan mengembangkan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar (isu lokal) dan isu global. Green School bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau, rindang, dan asri tetapi wujud sekolah yang memiliki program dan aktivitas pendidikan mengarah kepada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup “Sekolah Hijau” yaitu sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistimatis mengembangkan program-program untuk mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan kedalam seluruh aktivitas sekolah.

Berbuat untuk menciptakan kualitas lingkungan sekolah yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan dengan cara yang kreatif, inovatif dan menganut nilai-nilai kearifan budaya lokal, itulah hakekat makna dari green school.

Tahun 2006 KLH merencanakan PROGRAM  ADIWIYATA, yaitu program yang bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat turut melaksanakan program pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan  bagi generasi sekarang maupun yang akan datang. Salah satu indikator dan kriteria program ini adalah pengembangan kurikulum berbasis lingkungan baik secara terintegrasi maupun monolitik. Program ini dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, propinsi, nasional  dan mandiri.

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah kepada SMA Pesantren Unggul Al Bayan menjadi Sekolah Adiwayata Nasional berdasarkan Lampiran Surat No :B-13864/Dep.VI/LH/PPM/12/2013.

Pemberian penghargaan sekaligus sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional dilakasanakan  pada tanggal 19 – 21 Desember 2013 bertempat di Hotel Syahid,Jakara Pusat dihadiri Menteri lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta seluruh perwakilan sekolah penerima Adiwiyata Nasional dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK dari Sabang sampai Merauke. Sebelumnya Al Bayan sudah menerima penghargaan Raksa Pradha tingkat Propinsi tahun 2012  dianugerahkan oleh Badan Pengelola Lingkungan  Hidup Daerah (BPLHD) Propinsi Jawa Barat pada hari Kamis, 22 November 2012 bertempat di Kantor  BPLHD Propinsi Jawa Barat Jln. Naripan No 25,Bandung.

Semoga dengan diterimanya penghargaan ini memotivasi warga sekolah khususnya SMA Pesantren Unggul Al Bayan untuk lebih peduli terhadap alam dan lingkungan. Kontribusi kami untuk menciptakan kualitas lingkungan sekolah yang kondusif,ekologis,lestari secara nyata dan berkelanjutan dengan cara yang kreatif, inovatif dan menganut nilai-nilai kearifan budaya lokal,itulah hakekat makna dari ADIWIYATA.