Perpustakaan sebagai salah satu pusat sumber belajar dimana banyak informasi dengan berbagai bentuk dan subjek tersimpan disana sangat membutuhkan sarana temu balik yang efektif dan efisien. Seiring dengan kemajuan sistem teknologi para pustakawan yang senang dengan teknologi informasi telah mengembangkan sistem temu balik informasi dengan komputerisasi. Katalog sistem manual telah banyak ditinggalkan oleh banyak perpustakaan. Meskipun masih ada juga yang masih memakainya sampai saat ini di beberapa perpustakaan. Hampir semua sistem otomasi perpustakaan terdapat di dalamnya.

Kehadiran OPAC (Online Public Access Catalogue) sangat membantu para pemustaka dalam menemukan koleksi perpustakaan yang diinginkan mulai dari dimana lokasi koleksi tersebut tersimpan, detail cantuman koleksi dan ketersediaan koleksi tersebut di perpustakaan. Dengan memasukkan kode koleksi atau salah satu dari 3 informasi dasar yang dimiliki yaitu judul buku, pengarang atau penerbit, bisa  diketahui dengan cepat. OPAC (Online Public Access Catalogue) bisa  tersambung ke beberapa computer yang terhubung dengan sistem LAN dengan satu computer server. Bisa dioperasikan dalam sistem intranet ataupun jaringan keluar. Memudahkan pengguna perpustakaan untuk mengecek keberadaan koleksi yang dibutuhkan dari mana saja di lingkungan sekolah.

Perpustakaan Dr. Muslih Muhsin SMA Pesantren Unggul Al Bayan menggunakan sistem otomasi perpustakaan SLIMS ( Senayan Library Otomation System). Menggunakan senayan versi terbaru yaitu senayan slims 7 cendana. Dengan katalog online yang terdapat dalam senayan slims 7 cendana ini, kita dapat dengan mudah dan cepat mengetahui dimana koleksi berada. Semua jenis tipe koleksi sejatinya bisa dimasukkan dalam catalog perpustakaan mulai dari buku tercetak, e-book, film, manuskrip, PDF file dll. Hanya dengan membuka ip address computer server di komputer lain maka catalog online sudah bisa diakses.