Alhamdulillah, SMA Pesantren Unggul Al Bayan tahun ini dapat membawa pulang satu gelar juara dari sepuluh mata lomba yang dipertandingkan pada ajang Pesta Sains IPB 2013. Albayan menjadi juara lomba Meteorologi Interaktif, atas nama M. Iqbal Habibie dan Panji Satria, keduanya merupakan siswa kelas XII IPA. Mereka berhasil menyisihkan SMAK BPK 3 Penabur Jakarta, SMA Santa Laurensia Tanggerang, SMA 1 Bogor sebelum masuk semifinal. Di Semifinal mereka dapat mengalahkan SMA 8 Jakarta dan SMA LabSchool Jakarta. Di Final, keduanya dapat menyisihkan SMAN 2 Bandar Lampung dan Al Bina IBS. Selain mendapatkan piala tetap dari IPB, keduanya mendapatkan piala bergilir dari BMKG, uang pembinaan Rp. 3.000.000,- dan berhak masuk jurusan Geofisika dan meteorologi, FMIPA IPB. Selamat.

Pesta sains merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh IPB. Sains merupakan disiplin ilmu yang menjadi ujung tombak dari disiplin ilmu lainnya, terutama ilmu terapan. Sains juga harus ditampilkan oleh para pengguna sains seperti para pelajar, mahasiswa, serta peneliti dengan pemikiran kritis, kreatif, dan cerdas dalam rangka pengembangan sains dan pendidikan. Penerapan sains dalam kehidupan merupakan puncak dari proses pengembangan sains. Badan Eksekutif Mahasiswa dan delapan Himpunan Profesi di FMIPA IPB mengadakan kegiatan PESTA SAINS NASIONAL TAHUN 2013 bertempat di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga Bogor. Kegiatan ini diharapkan dapat memicu optimalisasi berpikir logis dan konseptual secara kritis dan kreatif. Kegiatan ini menjadi ajang peningkatan minat dan kecintaan generasi muda terhadap sains, sekaligus miniatur persaingan sains di dunia global.

Sebanyak 2.100 siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat seluruh Indonesia, mereka berasal dari 158 SMA/MA  dari berbagai propinsi  di Aceh, Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi. mengikuti Pesta Sains Nasional 2013. Tahun ini, Pesta Sains Nasional mengusung tema “Golden Science”, bersamaan dengan Dies Natalis IPB yang pada tahun ini genap berusia 50 tahun. Tahun ini jumlah peserta meningkat dibandingkan tahun lalu. Kompetisi tahunan ini sudah berlangsunng 11 kali dan memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI, Piala Bergilir Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI, Piala Bergilir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Piala Andi Hakim Nasoetion. Bagi juara I dari setiap kategori berhak masuk IPB tanpa seleksi.

Siswa  dan guru-guru pendamping mendapatkan tambahan wawasan melalui seminar, workshop dan expo. Turut mengisi acara  Mentri BUMN Dahlan Iskan, Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB. Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, M.Sc.

Ada 10 lomba dalam kompetisi yang berlangsung selama dua hari. Kompetisi Statistika junior, Meteorologi Interaktif, Lomba Cepat Tepat Biologi, Chemistry Challenge, Matematika Ria, Programming Competition, Kompetisi Fisika, Lomba Karya Ilmiah Populer dan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Young Researcher Award (untuk siswa dan guru).