Idul Adha adalah salah satu hari raya umat islam yang diselenggarakan setiap tahunnya di seluruh dunia. Semua umat muslim yang mampu diwajibkan untuk berqurban sebagai wujud keimanan kepada ALLaah SWT. Sebagaimana yang dikatakan Rosululloh dalam salah satu hadits nya , “Barang siapa mempunyai keluasan rezeki, namun tidak berqurban, maka jangan sekali-kali ia mendekati tempat salat kami.” (HR. Ibnu Majah). SMA Pesantren Unggul Al Bayan sebagai institusi pendidikan rutin menyelenggarakan kegiatan perayaan Idul Adha setiap tahunnya. Sebagai wujud kepedulian sekolah terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya, sehingga terjalin silaturahmi yang semakin erat antara sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar. 

Pelaksanaan Idul Adha pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pada tahun ini tidak ada pelaksanaan sholat Idul Adha bersama sama dengan masyarakat sekitar, karena masih berlangsungnya wabah pandemic covid19. Pelaksana kegiatan Idul Adha 1441 H adalah dewan guru dan dibantu oleh karyawan SMA Pesantren Unggul Al Bayan dengan kepanitiaan khusus.  Pelaksanaan Idul Adha bertempat di lingkungan sekolah SMA Al Bayan dan di lingkungan sekitar SMA  Al Bayan untuk pendistribusian hewan qurban. Pelaksanaan Idul Adha di SMA Al Bayan bersamaan dengan tanggal perayaan Idul Adha yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu pada hari Jumat tanggal 31 Juli 2020 jam 08.00 sampai jam 12.00 . 

Tahun ini sangat istimewa karena bertepatan dengan haji akbar yaitu Idul Adha yang bertepatan dengan hari Jumat. Hari raya Idul Adha di SMA Al Bayan menjadi momen penting dalam agenda kegiatan sekolah. Pada saat pelaksanaan Idul Adha inilah menjadi ajang menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, mendekatkan diri kepada Allah SWT. menjalin dan mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan dengan warga sekitar SMA AL Bayan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Pelaksanaan qurban tahun ini yang berlangsung di tengah pandemi covid19, sudah dilakukan berbagai persiapan sebaik mungkin.  Alhamdulillah walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19 pelaksanaan yang telah dirancang bisa berjalan dengan baik. 

Pelaksanaan perayaan Idul Adha dimulai pada malam takbir yaitu malam sebelum besoknya Idul Adha tiba. Malam takbir diisi oleh takbiran yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XII secara bergiliran. Dari sesudah isya hingga pagi. Keesokan harinya setelah pelaksanaan solat Idul Adha, dilakukan pemotongan dan pendistribusian hewan qurban. Jumlah hewan qurban pada tahun ini adalah 8 ekor sapi dan 118 ekor domba yang berasal dari siswa, orang tua siswa, guru, karyawan dan keluarga guru. Agar efektif dan efisien maka penyembelihan dan pendistribusian dibagi menjadi beberapa unit lokasi penyembelihan dan pendistribusian di sekitar desa Sekarwangi, Cibadak dan di lingkungan SMA Al Bayan. 

Foto-foto kegiatan: http://www.albayan.or.id/index.php/galeriroot/qurban-1441-h