SMA Pesantren Unggul Al Bayan yang mempunyai visi terwujudnya pribadi yang berakhlakul karimah, seimbang dalam penghayatan imaniyah, penalaran ilmiah dan memiliki kecakapan amaliyah dalam aplikasi program kegiatan sekolah berusaha untuk selalu merujuk pada visi tersebut. Salah satu penjabaran dari visi sekolah tersebut adalah kegiatan Sains Day. Kegiatan Sains Daya merupakan  salah satu upaya sekolah agar siswa SMA AL Bayan memiliki penalaran ilmiah yang baik. Melalui Sains Day para siswa SMA Al Bayan memiliki pemahaman yang sama tentang ilmu sains baik IPA maupun IPS. Mempelajari sains adalah kegiatan yang menyenangkan. Dalam Sains Day ini juga anak anak dikenalkan pada dunia literasi Informasi.

Sains Day dilaksanakan oleh guru guru yang mengajar dalam bidang studi fisika, kimia, biologi , ekonomi, geografi, sosiologi dan pustakawan yang menghantarkan serta mengenalkan kegiatan literasi Informasi dan perpustakaan  kepada siswa. Selain guru ada juga laboran yang terlibat untuk membantu guru dalam menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran sains IPA pada khususnya. Kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan SMA PU Al Bayan ini bertempat di ruangan laboratorium, di ruang ruang kelas dan  perpustakaan. Sains Day ini dilaksanakan di hari terakhir masa ta’aruf yaitu di hari sabtu tanggal 18 Juli 2020 dimulai dari pukul 7 pagi hingga sore hari jam 16. 

Kegiatan sains day ini sangat bermanfaat bagi siswa. Dengan sains day siswa dikenalkan sedini mungkin dengan pola pembelajaran sains di SMA Al Bayan. Mengenalkan sains lebih dini kepada siswa siswa, agar mereka terbiasa dan menyukai ilmu ilmu serta pembelajaran sains yang akan mereka pelajari selama 3 tahun ke depan di SMA Al Bayan. Dengan sains day ini juga para siswa dikenalkan pada percobaan percobaan sederhana yang memberikan pengalaman pengalaman yang berkesan dan berharga sehingga diharapkan para siswa semakin terarik dan menumbuhkan minat lebih tinggi lagi dalam belajar ilmu ilmu sains.

Kegiatan sains day dimulai dengan kegiatan sholat dhuha berjamaah dan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan sains day dari ketua pelaksana sains day yaitu pak Noor Sjahid. Materi sains day untuk mata pelajaran fisika adalah simulasi robotik dan eskavator kardus disampaikan oleh pa Tony dan pak Rudy. Mata pelajaran kimia akan membahas tentang pelangi kimia, pesan rahasia, gunung meletus dan penutup balon ajaib. Sains day bidang kimia diberikan oleh bu Fauziah Nurfalah. Selanjutnya mata pelajaran sains day bidang biologi akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada para siswa. Mereka akan diajarkan tentang bagaimana membuat gantungan kunci dari resin. Kegiatan sains day bidang biologi ini diberikan oleh pa Iqbal. 

Untuk sains bisang sosial, siswa akan diberikan materi sains day bidang ekonomi, geiograsi, sosiologi serta tidak lupa disampaikan  materi tentang literasi informasi dan perpustakaan. Geografi dengan pengampu materi pa Dedi Rosandi memberikan materi tentang membuat alat penakar hujan sederhana dan simulasi percobaan erosi tanah. Sains bidang sosial yang kedua adalah ekonomi. Bidang sains day ekonomi ini mencoba mengenalkan kepada siswa tentang praktek simulasi investasi saham dan praktek simulasi investasi emas. Sains day bidang ekonomi disampaikan oleh guru mata pelajaran ekonomi yaitu pa Haryanto. Selanjutnya adalah materi sains day sosiologi. Dalam mata pelajaran sains day bidang sosiologi, pa Jamal sebagai pengampu mata pelajaran akan memberikan materi tentang penalaran sosiologi : antara deduksi dan induksi. Kegiatan sains day di bidang sosiologi ini tersaji dalam bentuk diskusi kelompok. Bidang kegiatan sains day selanjutnya adalah bidang literasi Informasi dan perpustakaan. Pada kegiatan literasi informasi dan perpustakaan ini bu Heni sebagai pustakawan memberikan video testimoni dan pesan dari kakak alumni Ahmad Fuadi, Zulrahman Erlangga dan Farhan Abdul Majid, Zaki Nur Fajar serta Ihsan Taufiq tentang bagaimana menjadikan perpustakaan dan buku sebagai tempat dan subjek utama yang harus diselami dan disenangi oleh siswa siswa semuanya. Para siswa diberi wawasan dan pemahaman tentang kegiatan kegiatan yang ada di perpustakaan dan kegiatan kegiatan literasi di SMA Al Bayan. Mulai dari Book Club, kelas menulis, wisata literasi, bedah buku dan materi lliterasi langkah langkah mencari informasi di perpustakaan. Library Tour mengenal perpustakaan dan cara mencari informasi di OPAC serta cara menemukan koleksi dan informasi yang dibutuhkan di perpustakaan baik dari buku maupun dari internet. Waktu yang diberikan setiap sesi mata pelajaran adalah 80 menit atau 2 jam pelajaran. Setiap kelas bergiliran sesuai jadwal mendapatkan semua sesi mata pelajaran di sains day ini. Sehingga semua kelas mendapatkan materi tentang fisika, kimia, biologi, geografi, ekonomi, sosiologi dan materi literasi informsi dan perpustakaan.