Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah sebuah kegiatan yang lazim dilakukan di setiap lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan. SMA Pesantren Unggul Al Bayan sebagai  sekolah berasrama mempunyai sistem tersendiri dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah di SMA PU Al Bayan  diberi nama masa ta’aruf . Siswa dikenalkan dengan dinamika kehidupan di lingkungan sekolah SMA PU Al Bayan. Seluruh sisi kehidupan sekolah diperkenalkan kepada siswa baik itu subjek yang terlibat, sistem pembinaan maupun lingkungan yang mengitarinya. Kegiatan masa ta’aruf juga bertujuan untuk memberikan bekal pemahaman dan keterampilan dasar kehidupan secara mandiri di asrama. 

Kegiatan masa ta’aruf ini melibatkan guru, pembina asrama dan staff. Semuanya memegang  tanggung jawab masing masing sebagai panitia, pengisi materi, pengisi kegiatan kemandirian dan pendamping metor kelompok. Bapak kepala sekolah bertindak sebagai  sebagai penanggung jawab kegiatan. Kegiatan masa ta’aruf ini dikomandoi oleh wakasek keasramaan. Seluruh elemen yang terlibat bekerja sama untuk melaksanakan kegiatan ini. Masa ta’aruf dilaksanakan di lingkungan sekolah SMA PU Al Bayan. Baik itu di asrama, aula, masjid, kelas dan seluruh ruangan dan lingkungan sekitar di dalam lingkungan sekolah. 

Kegiatan masa ta’aruf dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 12 Juli 2020 hingga tanggal 18 Juli 2020. Seluruh kegiatan siswa dari mulai bangun tidur hingga menjelang tidur lagi benar benar didampingi oleh para guru dan mentor serta seluruh panitia masa ta’aruf sehingga seluruh siswa baru dapat memahami dan mengerti kehidupan sekolah dan berasrama di SMA PU Al Bayan. Masa ta’aruf ini dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) resmi dilaksanakan. 

Masa ta’aruf sangat bermanfaat sebagai bekal para siswa semua dalam menjalani kehidupan di SMA PU Al Bayan dalam 3 tahun ke depan. Siswa dapat memahami prinsip dasar pelaksanaan dan pemahaman ubudiyah di Al Bayan, menguasai tata cara pelaksanaan ubudiyah dengan baik dan memahami keutamaan ibadah sunnah dan pelaksanaannya. Siswa dapat memahami dan mengamalkan adab adab islami. Dari sisi psikologis, dengan adanya kegiatan masa ta’aruf ini siswa memiliki kemampuan untuk melakukan penyesuaian diri di Al Bayan dan memiliki kemantapan hati serta merasa betah untuk bersekolah di SMA PU Al Bayan. 

Pelaksanaan masa ta’aruf diawali dengan pembukaan oleh bapak kepala sekolah. Di Aula SMA PU Al Bayan. Selama masa ta’aruf beberapa materi diberikan kepada siswa meliputi materi  pengembangan diri, materi kemandirian, materi pelatihan kemandirian, materi bimbingan ubudiyah , pelatihan bimbingan ubudiyah, kultum di setiap selesai sholat wajib, tilawah bada subuh dan magrib, Shalat qiyamul lail, sholat dhuha, beberapa penugasan , kegiatan mentoring dan permainan edukatif siswa. Kegiatan kegiatan tersebut ada yang dilaksanakan dalam setiap kelompok maupun secara mandiri. Seluruh materi diberikan oleh guru dan khusus untuk kegiatan pelatihan kemandirian didampingi oleh pembina asrama. Kegiatan masa taaruf 2020 untuk angkatan 22 ini resmi ditutup oleh bapak Kepala Sekolah pada hari sabtu, 18 Juli 2020 setelah sholat isya berjamaah bertempat di aula SMA PU Al Bayan.

Link untuk melihat galeri kegiatan:

http://www.albayan.or.id/index.php/galeriroot/ma-ruf-dan-science-day-2020