Al Bayan's Competition as Development of Achievement and Big Revolution for All alias Albacadabra, adalah salah satu kegiatan OSIS SMA PU Al Bayan yang berbentuk kompetisi untuk menyalurkan potensi, minat dan bakat siswa Indonesia. Pada tahun ini, Albacadabra kembali diadakan pada tanggal 28 Oktober s.d 2 November 2019, sekaligus juga memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Tahun ini, Albacadabra menjadi salah satu lomba terbesar yang didakan oleh siswa SMA dengan jumlah peserta sebanyak 2300 orang. Seluruh peserta memperebutkan total uang pembinaan sebesar 140 juta rupiah dan juga piala bergilir Mendikbud RI. Kompetisi yang diadakan menjaring peserta dari tingkat TK hingga SMA dan sederajat yang mengikuti 50 mata lomba yang terdapat di Albacadabra 2019 ini.

Albacadabra 2019 dibuka pada tanggal 28 Oktober 2019 oleh Kepala SMA PU Al Bayan, Bapak Drs. H. Heriyanto, M.Pd. Namun, ada beberapa mata lomba olahraga yang telah berjalan sejak tanggal 19 Oktober 2019. Beberapa lomba olahraga tersebut merupakan cabang dari ABC atau Al Bayan Ball Competition. Selain ABC, ada empat cabang lomba lain dalam Albacadabra 2019, yaitu STARTS di bidang teknologi, KABUM di bidang kesenian, GLASS di bidang bahasa, dan CRITERION di bidang pengetahuan keislaman.

Dari seluruh perlombaan yang dilaksanakan, Albacadabra 2019 berhasil menggaet 2300 peserta yang berasal dari Aceh, Pontianak, Papua, Jawa Tengah, Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Bahkan, para adik TK dan SD di sekitar SMA Al Bayan pun antusias mengikuti perlombaan menggambar dan mewarnai untuk TK dan SD. Bagi para siswa TK, SD dan SMP, kompetisi ini selain menumbuhkan jiwa kompetisi dalam diri mereka, juga mengenalkan SMA Al Bayan kepada mereka. Tidak sedikit akhirnya alumni Albacadabra pada tahun-tahun sebelumnya sekarang telah bersekolah di SMA Al Bayan.

Kompetisi utama Albacadabra dilaksanakan sejak 28 Oktober yang diawali oleh GLASS di bidang bahasa, hingga hari Jumat dengan final ABC di bidang olahraga. Setelah berlomba selama lima hari, peserta mengikuti penutupan dan pembagian hadiah yang dilaksanakan hari Sabtu, 2 November 2019. Penutupan ini juga dihadiri oleh Sekda Prov. Jawa Barat, Drs. Daud Ahmad, dan KCD 5 Prov. Jawa Barat, DR. Nonong Winarni, M.Pd.

Setelah kegiatan penutupan resmi, para pemenang dan pengunjung dimanjakan dengan Closing Ceremony yang menampilkan tarian-tarian dari para siswa SMA Al Bayan. Kemudian, pada siang hingga sore hari, pengunjung dihibur kembali oleh penampilan dua bintang tamu spesial, Aziz Hayat yang dikenal dengan Jaz, dan Pusakata. Pengunjung yang kebanyakan remaja SMP dan SMA pun menikmati lantunan lagu dari kedua bintang tamu, namun tanpa melupakan kawajiban shalat tepat waktu. Kegiatan dijeda selama shalat dzuhur dan ashar, dan selesati sekitar setengah jam sebelum adzan maghrib berkumandang.