Di Final kedua yang diikuti siswa SMA Al Bayan tahun ini, SMA Al Bayan akhirnya meraih gelar juara SBL, setelah sebelumnya menjadi runner-up di Alphasesismic SMA Al Kautsar. Selain merupakan final kedua tahun ini, pada kompetisi ini juga SMA Al Bayan menembus semifinal untuk keempat kalinya dalam satu tahun. Salah satu tahun terbaik basket SMA Al Bayan.

Sukabumi Basketball League atau SBL merupakan ajang pertandingan bola basket resmi yang diadakan oleh Persatuan Bolabasket Indonesia (Perbasi) Kabupaten Sukabumi. Kejuaraan ini diikuti oleh sekolah setingkat SMA yang berada di kabupaten dan kota Sukabumi. Selain menjadi juara, SMA Al Bayan pun berhasil membawa pulang gelar MVP yang diraih oleh kapten tim, Fahmi M. Bajrie.

Gelar juara ini berhasil diraih dengan perjuangan keras setelah bertanding sebanyak enam kali selama dua pekan. Di semifinal, tim SMA Al Bayan mengandaskan SMAN 1 Cisaat dengan skor 58-45 untuk keunggulan Al Bayan.

Di babak final, Al Bayan menghadapi tantangan terberatnya, yaitu juara tiga tahun berturut-turut, yaitu SMAN 3 Kota Sukabumi. Dengan pertandingan yang ketat, akhirnya SMA Al Bayan memenangkan pertandingan dengan skor tipis, 30-28 dan berhak atas gelar juara SBL 2019.