Tahun ajaran 2019/2020 sudah di depan mata, para siswa baru SMA PU Al Bayan angkatan 21 pun mulai menjalani masa ta'aruf, atau yang lebih dikenal sebagai ma'ruf, sebelum memulai kegiatan belajar mengajar di Al Bayan. Masa ta'aruf dimulai sejak pembukaan hari Ahad, 7 Juli 2019 dan ditutup pada hari Juma, 12 Juli 2019. Kegiatan ma'ruf ini adalah kegiatan pembuka dan pengenalan kegiatan selama siswa bersekolah di SMA Al Bayan, karenanya waktu penyampaian materi dan kegiatan sejak bangun sampai tidur lagi pun disesuaikan dengan rutinitas yang nantinya akan dirasakan oleh mereka.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan pengalungan name tag kepada perwakilan peserta oleh Kepala SMA Al Bayan, Bapak Drs. H. Heriyanto, M.Pd. Kemudian setiap selesai shalat subuh, para siswa baru dikelompokkan berdasarkan kamarnya untuk melakukan tilawah Alquran dan mentoring bersama guru. Kegitan dilanjutkan dengan sarapan siswa di kantin dan bersiap mengikuti shalat dhuha di masjid sebelum mengikuti kegiatan inti setiap hari yang dilaksanakan di aula, masjid, dan asrama.

Kegiatan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi materi ke-albayan-an di aula, sesi ubudiyah di masjid, dan sesi kemandirian di asrama. Pada sesi materi, para siswa baru mendapat materi keremajaan dan petunjuk hidup selama menjadi siswa Al Bayan. Materi kedua mengenai ubudiyah disampaikan di masjid mengenai ibadah dasar seperti thaharah, dzikir, dan shalat berjamaah. Kegiatan dimulai kembali setelah makan siang. Siswa mendapat materi di aula, kemudian diajarkan praktik mengurus diri seperti merapikan kasur, mencuci dan menyetrika baju.


Selepas ashar, siswa melakukan aktivitas outdoor per kelas. Dari mulai bermain tennis meja, futsal, nge-gym, sampai bermain musik di studio band maupun melakukan aktivitas positif lainnya. Hal ini penting untuk menjaga kesegaran pikiran siswa setelah seharian mendapatkan materi yang diajarkan di dalam ruangan.