Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kembali menggelar lomba Psychotacular 3.0. Dari kompetisi ini, SMA Al Bayan mendapat peringkat ketiga nasional di kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Ada dua cabang lomba yang dipertandingkan yaitu Olimpiade Psikologi dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se-SMA/sederajat tingkat nasional. Albayan mengutus delegasinya untuk yang pertama kali. Olimpiade Psikologi digawangi oleh Ahmad Faishal Hakim (Kelas XI), M. Rafly H. (Kelas XI), dan M. Harya Kurniawan (Kelas X). Adapun pada cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Albayan menerjunkan tim dengan beranggotakan M. Yodhya Raissa (Kelas XI), Arvin Surya Wibowo (Kelas XI), dan Azka Rasendriya (Kelas X).

Tim olimpiade psikologi baru berhasil menorehkan capaian sebagai urutan ke 18 dari 20 tim. Setelah sebelumnya melalui seleksi tahap pertama masuk 40 besar dari 200 tim pendaftar secara daring (rangking 15), dan seleksi 20 besar dari 40 tim (rangking 6).

Adapun tim LKTI berhasil lolos sebagai finalis, yaitu termasuk ke dalam 5 besar tim terpilih dari 56 tim pendaftar. Pada kali ini tim dari Albayan membuat karya tulis yang berjudul: You Are Not Alone! (YANA!), Solusi Anti Depresi Berbasis Aplikasi Mobile & Website untuk Generasi Millenial yang Sehat Mental. Karya tim Albayan ini harus bersaing ketat dengan keempat finalis LKTI lainnya yang berasal dari SMA dari Bali, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Setelah melaui proses penilaian tata tulis makalah dan presentasi, Tim LKTI Albayan berhasil memperoleh juara 3 se-nasional. Mereka berhak atas sertifikat, tropi, dan sejumlah uang tunai. Alhamdulillah hirabbiil ‘aalamiin.