Al Bayan kembali harus bersyukur pasalnya siswa yang bernama Ihsan Taufiq mendapatkan penghargaan dari Kemenag Kabupaten Sukabumi sebagai Siswa PAI Hebat Tahun 2018 untuk tingkat SMA. Pada Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Republik Indonesia Ke-73 tanggal 3 Januari 2019 yang mengusung tema “Jaga Kebersamaan Umat”, berbagai kategori penghargaan diberikan kepada pegawai Kemenag dan civitas pendidikan yang bernaung di bawah Kemenag baik dari kalangan guru madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun siswa, dan Ihsan merupakan satu-satu siswa SMA yang mendapatkan penghargaan ketegori Siswa PAI Hebat.

Menurut Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS), Drs. H. Maman Hidayat, M.Ag. Ananda Ihsan Taufiq telah mengharumkan nama Kabupaten Sukabumi di Tingkat Nasional, yaitu melalui kegiatan Kemah Rohis yang diselenggarakan di provinsi Bangka-Belitung bulan November yang lalu. Dalam perkemahan yang diikuti oleh 1088 siswa/siswi terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia, Ananda Ihsan Taufiq merupakan peserta yang sangat aktif, dipilih menjadi pengurus perkemahan dengan jabatan ketua RW, dan terpilih sebagai salah satu dari 3 peserta terdisiplin putra. Sungguh ini merupakan capaian yang tidak mudah dan tentunya sangat membanggakan, oleh karenanya Ananda Ihsan Taufiq sangat layak mendapatkan penghargaan dari pihak Kemenag Kab. Sukabumi.

Di sela-sela sesi pemberian penghargaan, Kepala Kemenag Kab. Sukabumi Drs. H. Abas Resmana, M.Si. menyampaikan bahwa penghargaan ini agar tidak dilihat secara nominal karena pasti akan dinilai kecil, namun ini merupakan proses apresiasi yang dapat diberikan, semoga menjadi motivasi untuk lebih berprestasi di kemudian hari. Sementara Dr. Reni Marlinawati, M.Si. anggota Komisi X DPR RI asal kab. Sukabumi yang turut hadir menyampaikan bahwa “Ananda Ihsan Taufiq adalah satu-satunya siswa SMA yang mendapatkan penghargaan di HAB tahun ini, sungguh ini adalah prestasi yang luar biasa. Nanti tidak hanya siswa Al Bayan, tapi anak-anak SMA yang lain juga harus bisa berprestasi, dan pasti bisa”.

Dari Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-73 yang dilaksanakan di Lapang Canghegar Pelabuhan Ratu ini, setidaknya ada 3 kabar gembira. Pertama, Kantor Kemenag mendapatkan 1 unit kendaraan roda 4. >Kedua, bagi Pendidikan Agama Islam (PAI) hari tersebut diluncurkan aplikasi SIMPAI (Sistem Informasi Manajemen PAI) berbasis Android. Ketiga, untuk keluarga besar SMA PU Al Bayan terpilihnya Ananda Ihsan Taufiq sebagai Siswa PAI Hebat Tahun 2018 untuk jenjang SMA. Semoga kabar gembira ini dapat meningkatkan rasa syukur kita semua, Aamiin.