Hari Ahad lalu (11/11), perwakilan siswa SMA Al Bayan kembali mengikuti kejuaraan robotik nasional. Kali ini di acara Indonesia Science Engineering Festival (ISEF) 2018 yang diselenggarakan ROBO LAND. Pada perlombaan kali ini, SMA Al Bayan yang diwakili Haskel dan Azriel (kelas XI) berhasil menyabet medali perak di kategori Science Project.

Lomba yang diadakan di Jungle Land, Sentul, Bogor, tersebut diikuti oleh berbagai sekolah di Indonesia, termasuk SMA Al Bayan Anyer yang juga mendapat gelar juara di kategori lain. Al Bayan Cibadak sendiri hanya mengirimkan satu tim berisi dua orang, Haskel Nisai dan Azriel Iswanie, keduanya merupakan siswa kelas XI.

Haskel dan Azriel membuat robot Ex(Trime), yaitu bus yang memiliki kemampuan untuk berjalan otomatis baik di jalan raya maupun di rel kereta. Ex(Trime) ini menggunakan system kendali Arduino yang dilengkapi dengan satu sensor jarak untuk mendeteksi rintangan di depan, 2 sensor garis untuk membuat bus bergerak otomatis, tiga servo untuk pintu alat pengen dali di belokan, dan alat untuk charger, serta LED untuk penanda rem. Selain itu, bagian badan bus yang digunakan adalah kardus sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan.

Al Bayan mendapat juara atas penilaian juri dari segi kreativitas, kegunaan, presentasi, kompleksitas program dan performa robot.