Himmia, Himpunan Mujahid Muda Islam SMA Al Bayan, yang diwakili 9 siswa dan 9 siswi Al Bayan Putri Selabintana selasa-Rabu, 18 s.d. 19 September 2018, mengikuti kegiatan simposium penguatan Pendidikan Agama Islam Berwawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Provinsi Jawa Barat di Hotel Sutan Raja Kabupaten Bandung. Kegiatan yang diselenggarakan bersama Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat ini  diikuti oleh 128 siswa-siswi terbaik SMA/SMK se-Jawa Barat yang akan mengikuti Kemah Rohis Tingkat Nasional III Tahun 2018 di Belitung. 

Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi yang sangat visioner dari dua lembaga tempat bernaungnya progran dan kegiatan pendidikan agama Islam di sekolah, yaitu direktorat PAIS Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan Jawa Barat sebagai kepanjangan tangan dari Kementrian Pendidikan. Materi pertama dari Direktur PAIS Kemenag Repubik Indonesia, Dr. H. Imam Safe’i, M.Pd.,  tentang bagaimana merawat keberagamaan dan memantapkan keberagaman dalam upaya penguatan NKRI.  Dalam kaitan dengan materi ini, Bapak Direktur berpesan kepada para aktivis Rohis agar terus mengkaji, mempelajari, dan benar-benar mengamalkan ajaran Islam secara kaffah karena Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin dan sekaligus mempersiapkan diri untuk menjadi para pemimpin bangsa di masa yang akan datang. 

Juga tak kalah pentingannya dengan materi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si., yaitu 4 pilar kebangsaan dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Bapak Kepala Dinas berpesan agar kegiatan Rohis benar-benar menjadi kegiatan yang menopang pembelajaran abad-21 yang menciptakan generasi yang multi-literat dan berkarakter.  Selama 2 hari itu juga para peserta begitu menghayati semua materi yang disampaikan oleh para nara sumber lainnya, yaitu materi tentang internalisasi nilai-nilai agama Islam dan Pancasila, membangun mentalitas Rohis yang kuat dan berkarakter, serta bagaimana mewujudkan Rohis yang tangguh dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dengan tetap memegang teguh jatidiri bangsa Indonesia.

Selain kegiatan ilmiah tersebut, para peserta pun diberikan pengarahan dan persiapan-persiapan teknis keberangkatkan tim Jawa Barat ini menuju kegiatan Kemah Rohis Nasional III Tahun 2018 di Provinsi Bangka Belitung bulan November yang akan datang. Demikian, insya Allah 9 siswa Al Bayan Cibadak dan 9 siswi Al Bayan Putri Selabintana siap menuju program Kementrian Agama RI tingkat Nasional tersebut. Mohon do’a dari pembaca sekalian. 

 

Ditulis oleh : Irwan Syafruddin, S.Ag