Alhamdulillah, tim kimia Al Bayan berhasil menjadi juara ke-2 pada ajang ASTRA KIMIA UPI 2018. Babak semifinal dan final diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2018 di UPI Bandung. Al Bayan diwakili oleh M. Insani Nur Al Qodri (kelas XII), M. Avicenna Adji (kelas XII), dan M. Zaky Huudy (kelas XI). Mereka berhasil melewati babak penyisihan, babak 60 besar, babak semifinal, dan menjadi juara ke-2 pada final yang diselenggarakan dengan sistem LCT (lomba cepat tepat).

Asah terampil (ASTRA) merupakan   salah satu kegiatan kompetisi ilmiah yang tergabung dalam serangkaian acara EXPO Kimia 2018 yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk menggali minat, bakat, wawasan dan kemampuan siswa SMA, MA maupun SMK dalam ajang kompetisi kimia yang berupa lomba cepat tepat. 

Acara ini diadakan setiap tahun, dan tahun ini adalah penyelanggaraan yang ke-26. Kompetisi yang melibatkan hampir 300 regu atau 900 siswa ini mendapatkan respon yang sangat baik dan diikuti berbagai sekolah sehingga beberapa tahun terakhir  sampai sekarang asal sekolah pesertanya diperluas menjadi beberapa daerah (Jawa Barat-Banten-Jakarta-Jawa Tengah-Yogyakarta-Surabaya).