Mengawali masa pendidikannya di Al Bayan, peserta didik baru mengikuti kegiatan Masa Ta'aruf 2018 yang diadakan selama 7 hari, dari tanggal 8 - 14 Juli 2018. Kegiatan dimulai dengan proses serah terima siswa baru dari orang tua ke pihak sekolah pada tanggal 8 Juli 2018.  Acara yang mengusung tagline 'Mandiri, Berprestasi dan Berakhlak Mulia' ini bertujuan memperkenalkan dinamika  kehidupan di SMA Pesantren Unggul Al Bayan baik subyek  yang terlibat, sistem pembinaan, maupun lingkungan yang mengitarinya. Selain itu juga memberikan bekal pemahaman dan keterampilan dasar kehidupan secara mandiri di asrama.

Pada acara ini siswa harus menguasai sejumlah kompetensi yang terbagi dalam bidang Aqidah, Ubudiyah, Akhlak, Psikologi, Kemandirian, Sosial, Kedisiplinan, Kebersihan dan Kesehatan. Materi disampaikan dalam bentuk studium general, bimbingan kelompok, penugasan, mentoring, dan dinamika kelompok.

Pada hari Kamis, siswa baru mengikuti kegiatan rafting di sungai Citatih. Kegiatan ini merupakan bagian dari masa taaruf yang dapat melatih keberanian, fokus, dan kerjasama tim. Melewati banyak jeram yang cukup menantang, siswa baru begitu menikmati kegiatan ini. 

Semoga dengan berbagai kegiatan tersebut, siswa baru dapat beradaptasi dengan cepat dengan kehidupan di Al Bayan. Amin.