Pada kompetisi robotic pertama yang diikutinya, ektrakurikuler Robotics Al Bayan mendapatkan predikat juara umum pada Sukabumi Robotic Competition 2018, yang dilaksanakan hari Sabtu (28/4). Pada perlombaan robot Lego Mindstorm NXT-G tersebut, SMA PU Al Bayan meraih juara 2 atas nama M. Nizamudin Aulia Hanif (kelas X), juara harapan 1 atas nama Muhammad Zulfiqar (kelas XI), dan juara harapan 2 atas nama Ahmad Kayyis (kelas X).

Sukabumi Robotic Competition adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Universitas Nusa Putra, Sukabumi bekerjasama dengan Lembaga Robotic Laboratory. Ini merupakan ajang pertama bagi ekskul Robotic Albayan yang baru berdiri tahun ajaran 2017/2018 untuk menunjukkan eksistensinya. Lomba ini diikuti oleh 20 siswa SMA/K dan 2 siswa SMP yang berasal dari Bogor, Sukabumi dan Cianjur. SMA PU Albayan mengirimkan 8 siswa terbaik dari ekskul robotic dengan didampingi Pak Toni (guru fisika) sebagai pembimbing.

Rangkaian kegiatan lomba terbagi menjadi dua. Kegiatan di hari pertama, Jum’at (27/4/2018) diisi dengan technical meeting dan workshop yang diikuti oleh seluruh peserta. Perlombaan ini bersifat individual yaitu membuat program NXT-G dan menamkannya pada robot Lego tubesorter dengan misi mengeluarkan tiga tabung dari garis lingkaran. Semua siswa terlihat antusias ketika mendemokan hasil programnya. Hampir semua siswa selain para siswa Al Bayan, mampu menyelesaikan misinya dengan cukup baik namun tidak demikian dengan siswa albayan. Sampai kegiatan workshop berakhir tidak satupun dari siswa Albayan mampu melaksanakan misi yang diberikan. Namun siswa Albayan tidak mengenal kata menyerah. Setelah isya’ para siswa dan pembimbing berkumpul dan merancang robot yang dimiliki oleh sekolah kemudian mencoba untuk memprogram ulang. Belajar dari kesalahan di workshop dan berkat kegigihan, semangat pantang menyerah dan juga do’a dari siswa Albayan serta pembimbing yang terus mendampingi, akhirnya tim robotic Al Bayan berhasil melaksanakan misi dengan baik dan siap untuk berkompetisi.

Perlombaan dimulai hari Sabtu pukul 10:00 sampai dengan 14:00 WIB. Masing-masing peserta diberikan waktu 20 menit untuk mengkalibrasi sensor, menyelesaikan program, dan menguji coba program sebelum dilakukan penilaian. Pelaksaan dilakukan di ruang terbuka yang membuat siswa dituntut untuk mempunyai mental juara. Aspek yang menjadi penilaian pada kompetisi ini adalah kecepatan menyelesaikan misi dan jumlah tabung yang dapat dikeluarkan oleh robot. Alhamdulillah, semua siswa Albayan mampu memprogram dengan cukup baik namun beberapa siswa merasa panik di detik terakhir sehingga harapan untuk menjadi pemenang semakin tipis. Sampai perlombaan berakhir, hanya 3 siswa yang mampu menyelesaikan misinya dengan sempurna, dan siswa Albayan menjadi salah satunya. Perlombaan selesai pukul 14:15 WIB, kemudian acara diisi dengan talkshow Bersama Rektor Universitas Nusa Putra dan CEO Robotic Laboratory.

 

Berkat kegigihan, semangat pantang menyerah, ketulusan, dan do’a serta dukungan dari seluruh civitas, SMA Pesantren Unggul Albayan berhasil merebut piala Rektor Universitas Nusaputra dan mejadi juara umum dengan perolehan juara 2 (M. Nizamudin Aulia Hanif X-4), juara harapan 1 (Muhammad Zulfiqar XI-4) dan juara harapan 2 (Ahmad Kayyis X-3). Hasil ini membuktikan bahwa kemenangan dan kesuksesan lebih dekat kepada mereka yang terus belajar dari kesalahannya. Akhirnya kamipun pulang dengan bangga dan bersiap untuk event yang lebih menantang lagi. Semoga Robotic Albayan mampu berkarya lebih baik lagi.