Pada hari sabtu, tanggal 25 maret 2018 yang baru lalu SMA Pesantren Unggul Al Bayan menyelenggarakan acara bedah buku "everyone can get scholarship" bersama tim sahabat beasiswa. Acara bedah buku ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh sekolah dalam hal ini perpustakaan DR.Muslih Muhsin. Dengan tujuan memberikanpengetahuan kepada siswa dan meningkatkan minat baca siswa.

Dalam bedah buku kali ini diisi oleh tim sahabat beasiswa. Sahabat beasiswa adalah himpunan komunitas mahasiswa mahasiswa yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan study baik itu S1 sampai S3 baik itu dari pemerintah atau lembaga lembaga pemberi donasi. Informasi informasi mengenai berbagai macam beasiswa dipaparkan secara detail dan jelas oleh tim sahabat beasiswa. Disamping itu juga dalam kegiatan bedah buku ini dipaparkan bagaimana suka dukanya perjalanan dan proses dalam mendapatkan beasiswa dan bagaimana menghadapi kehidupan di luar negeri. Bagaimana mensiasati proses belajar ketika menjalani study dengan intensitas belajar yang padat serta waktu yang sempit. 

Kegiatan bedah buku berlangsung hangat dan meriah , para siswa begutu antusias mengikuti acara dan banyak memberikan pertanyaan pertanyaan seputar beasiswa. Hingga waktu yang tersedia selama 2 jam rasanya tidak cukup untuk menuntaskan kegiatan. Ada 5 voucher yang diberikan oleh perpustakaan yang diberikan kepada siswa. Juga kenang kenangan yang diberikan kepada para pembicara berupa mug perpustakaan . Sedangkan dari rim sahabat beasiswa memberikan buku dan kalender sahabat beasiswa.

Sekolah berharap dengan membedah buku ini, siswa lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, mempuyai motivasi yang lebih besar lagi untuk meningkatkan prestasi akademik dan mengembangkan kemampuan di bidang bidang lain yang menunjang untuk menambah lifeskill para siswa.