Siswa kelas XI SMA Pesantren Unggul Al Bayan melakukan kunjungan kampus ke Universitas Brawijaya (UB) Malang (16/1) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) (18/1). Kunjungan ini merupakan bagian dari Study Tour tahunan yang rutin diselenggarakan di kelas XI yang pada kesempatankali ini ke Malang – Jogja – Bandung selama 6 hari. Kunjungan kampus ini didampingi oleh 7 guru pembimbing.

Kunjungan kampus ini bertujuan mengenalkan siswa kepada kampus – kampus favorit yang ada di Indonesia agar menjadi gambaran siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk PTN.

Dalam kunjungan ke UB, SMA Pesantren Unggul Al Bayan diterima oleh bagian Humas bersamaan dengan kunjugan dari sekolah lain seperti SMA Negeri 20 Surabaya, SMA Avicenna, dan lain – lain. Pada kesempatan ini, Humas UB menyampaikan tentang aktivitas umum perkuliahan di UB baik dari kegiatan mahasiswa, atau kegiatan penelitiannya. Selain itu juga menyampaikan tentang seleksi penerimaan mahasiswa baru UB, mulai dari kuota mahasiswa yang diterima serta strategi yang dilakukan calon mahasiswa.

Dalam kunjungan ke SITH ITB, SMA Pesantren Unggul Al Bayan diterima oleh Kepala Program Studi Rekayasa Hayati. Pada kesempatan ini dipaparkan tentang kegiatan perkuliahan di ITB. Selain itu siswa juga diberi kesempatan mengunjungi laboratorium praktek dibimbing oleh rekan – rekan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa. Para siswa diberi penjelasan mengenai kegiatan laboratorium yang dilakukan oleh mahasiswa di situ.

Harapan diselenggarakannya kunjungan kampus ini adalah para siswa mengerti tentang situasi perkuliahan dan gambaran umum mengenai seleksi masuk PTN baik dari jalur SNMPTN, SBMPTN, atau seleksi mandiri di masing – masing kampus.