Sabtu, 28 Oktober 2017, tiga tim debat Bahasa Inggris dan tiga pemain Scrabble dari SMA PU Al Bayan mengikuti perlombaan tingkat Kab/Kota Sukabumi dan Cianjur yang diadakan oleh jurusan Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Acara bertajuk English Contest tersebut diselenggarakan sejak hari Kamis sampai Ahad, 26 s.d. 29 Oktober 2017. Pada hari Sabtu (28/10) bertempat di Aula UMMI, tim Scrabble SMA PU Al Bayan yang berisikan Haskel Nisai (X-2), Muhammad Rayhan (XI-2) dan M. Nabil Dzikru (XII-4) berhasil menyisihkan lawan-lawannya hingga melaju ke final. Pertandingan yang menggunakan sistem gugur dengan melibatkan empat pemain dalam satu papan tersebut satu persatu dilewati oleh ketiga pemain dari Al Bayan.

Di babak semifinal, M. Nabil Dzikru satu papan dengan tiga peserta dari sekolah lain, sedangkan Haskel dan Rayhan mendapat satu papan dengan dua pemain lain. Akhirnya, dari masing-masing papan diambil dua finalis, sehingga tiga dari empat finalis merupakan perwakilan Al Bayan. 

Di babak final, para penonton dan panitia menonton pertandingan dengan tegang. Poin yang didapat keempat finalis sangat ketat hingga biji huruf terakhir diletakkan oleh Nabil Dzikru. Namun, poin yang didapat M. Rayhan terlalu jauh untuk dapat disalip oleh rekan-rekannya. Di akhir pertandingan, M. Rayhan mendapat peringkat pertama, disusul oleh Haskel di peringkat dua dan Nabil di peringkat tiga. Sebagai bonus, M. Rayhan juga menyabet gelar top scorer karena poin gabungan sejak babak pertama hingga akhirnya unggul dibanding pemain lain.

Di tempat yang berbeda, di ruang kelas C03 dan C12, tiga tim debat dari SMA Al Bayan yang berisi masing-masing dua pemain juga melaksanakan pertandingan penyisihan sejak pagi. Tim pertama diisi siswa kelas XII, Daffa Alun dan Raihan Fathurrahman. Sedangkan tim kedua  dan ketiga diisi oleh kelas XI yaitu Herdika Shidqi dan Rafli Azra serta Fairuz Basyith dan Aydin Ibrahim. 

Pada babak penyisihan ini, ketiga tim dari Al Bayan masih mampu unggul dan melaju ke babak semifinal. Namun sayangnya, di babak semifinal satu tim yang diisi Rafli dan Herdika tersisih oleh lawannya, sehingga menyisakan dua tim dari Al Bayan dan dua tim dari SMAN 3 Kota Sukabumi di babak final.

Babak final yang diselenggarakan di hari Ahad sebagai pembuka acara penutupan berlangsung seru dan menegangkan. Masing-masing tim dari Al Bayan dipasangkan dengan tim dari SMAN 3 dan harus saling berhadapan. Kedua tim melemparkan argument-argumen yang menarik dengan penyampaian yang sangat baik dan menampilkan kualitas juara. Namun, dalam sebuah lomba harus ada yang menang dan kalah. Dalam perlombaan kali ini, SMA PU Al Bayan yang diwakili oleh Daffa Alun dan Raihan Fathurrahman berhasil meraih juara dua, sedangkan tim Aydin dan Fairuz membawa pulang juara harapan 1. 

Sebagai pelengkap, SMA PU Al Bayan juga meraih penghargaan the Best Speaker yang didapat oleh Daffa Alun, “You are really something” seru salah seorang adjudicator kepada Alun saat selesai babak semifinal. Dengan hasil ini, SMA PU Al Bayan pun berhasil mempertahankan gelar juara umum yang didapat tahun lalu. SMA Al Bayan pun berhak menyimpan trofi juara umum karena telah memenangkannya tiga tahun beruntun. (AMR)