Setiap tahun sejak 2008, lembaga legislatif kita – Dewan Perwakilan Rakyat RI – menyelenggarakan sebuah event yang sangat bergengsi di kalangan pelajar SMA se Indonesia, yakni kegiatan PARLEMEN  REMAJA.

Ini adalah kali ke empat keikutsertaan SMA Albayan dalam acara yang sebagian besar dilaksanakan langsung di gedung DPR RI di Senayan Jakarta. Tahun 2014 lalu salah seorang siswa Albayan, Satria Adhitama, berhasil terpilih menjadi salah seorang peserta Parlemen Remaja menyisihkan ribuan siswa SMA di seluruh Indonesia, dan tahun 2017 ini kesuksesan Satria diikuti oleh adik kelasnya - Raihan Faturrahman -  siswa kelas 12, yang essaynya berhasil mengantarkannya melanggang ke Senayan, menyisihkan ribuan essay yang dikirim para pelajar SMA dari seluruh pelosok Indonesia.

Bagi Fathur dan bagi SMA Al Bayan, keberhasilan ini jelas membanggakan dan sangat diharapkan. Proses panjang seleksi yang dilakukan selama 1 bulan, membawa hasil yang sangat menggembirakan. Persaingan yang dihadapi Fathur di tingkat sekolah saja  sudah sangat ketat, mengingat animo siswa Albayan untuk mengikuti kegitan ini sangat tinggi. Namun panitia pusat akhirnya menjatuhkan pilihannya pada Raihan sebagai salah satu diantara 136 peserta Parlemen Remaja. Alhamdulillah. Dan Fathurpun menjalani kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu  bersama-teman-temanya di seluruh Indonesia itu , dari 11 sampai 14 September 2017. 

Kegiatan Parlemen Remaja sendiri lebih menitik beratkan pada memberikan pendidikan politik dan demokrasi kepada para generasi muda sedini mungkin. Di sisi lain, harus diakui bahwa pendidikan politik di kalangan remaja saat ini masih terbatas, ditambah dengan adanya ketidakberimbangan informasi politik yang beredar di masyarakat terutama yang disampaikan oleh media merupakan urgensi perlunya diadakan kegiatan yang dapat memberikan gambaran nyata kepada generasi muda tentang tugas dan fungsi parlemen. Oleh karena itulah Sekretariat Jenderal dan Badan keahlian DPR RI, melalui Biro Pemberitaan Parlemen mengadakan kegiatan Parlemen Remaja yang diadakan tiap tahun sejak tahun 2008 silam. 

Untuk itu kegiatan Parlemen Remaja yang setiap tahun diselenggarakan DPR RI telah memberi dampak pada peningkatan pemahaman para remaja tentang bagaimana proses demokrasi dan proses politik bekerja di Negara kita. Selain itu dapat lebih mengenalkan para remaja mengenai DPR RI sebagai Lembaga Negara yang melaksanakan fungsi politik baik di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan.( http://www.dpr.go.id/parlemen-remaja).

Semoga keberhasilan Raihan akan menginspirasi dan memotivasi Raihan sendiri dan adik-adik kelasnya, untuk terus memacu diri, mengeksplorasi setiap potensi diri dengan optimal. Sebab kesempatan kadang hanya datang satu kali seumur hidup. Kuncinya adalah mau belajar, berusaha sekuat tenaga, dan berdoa dengan sepenuh hati, serta keyakinan bahwa kesungguh-sungguhan tak pernah meninggalkan manusia pada kesia-siaan.