Alhamdulillah, setelah melewati beberapa  tahapan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan akhirnya bertanding di tingkat nasional, kepala perpustakaan SMA Pesantren Unggul Al Bayan, Heni Hikmayani Fauzia, S.Sos. berhasil meraih juara ke 2 dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan pusat, Direktorat Jendral Guru dan tenaga kependidikan , Direktorat pembinaan tenaga kependidikan , pendidikan dasar dan menengah  ini dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 20 Agustus 2017. Kegiatan pemilihan Guru dan GTK berprestasi ini tersebar di beberapa hotel di jakarta, yaitu di Le Meridien , Hotel Century , Hotel Sahid dan khusus untuk GTK berlangsung di hotel Millenium Jakarta.

SMA Pesantren Unggul Al Bayan mengirimkan tenaga perpustakaan yaitu Kepala Perpustakaan Ibu Heni Hikmayani Fauzia,S,Sos Untuk bertanding di kategori Tenaga perpustakaan berprestasi dan berdedikasi.  Lomba ini diselenggarakan  dengan tujuan untuk memberi penghagaan kepada tenaga perpustakaan berprestasi sebagaibagian dari peningkatan mutu pengelolaan perpustakaan sekolah yang berlandaskan pada sikap kreatif, invatif dan produktif tenaga perpustakaan sekolah. Pemilihan Tenaga Perpustakaan sekolah ini diharapkan memberi rasa kebanggaan dan memotivasi tenaga perpustakaan sekolah dalam mewujudkan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan sekolah.

Ada 12 penilaian yang harus dilalui oleh seluruh peserta lomba Pemilihan Guru dan GTK berprestasi ini khususnya tenaga perpustakaan sekolah , yaitu :

1.Penilaian fortofolio

2.Penilaian laporan penyelenggaraan perpustakaan

3.Penilaian kinerja pengelolaan koleksi dan layanan perpustakaan

4.Penilaian produk hasil karya 

5.Tes tertulis

6.Psikotest

7.Penilaian sikap

8.Penilaian praktik

9.Penilaian best practice

10.Penilaian dokumen 

11.Penialain Vidio best practice

12.Penilaian presentasi dan wawancara.

Dalam lomba ini, yang menjadi juri adalah wakil dari universitas yaitu UPI dan UNPAD, perpustakaan nasional  dan kemendikbud.

Semoga dengan diraihnya juara 2 dalam lomba pemilihan guru dan GTK berprestasi dan berdedikasi khususnya dalam bidang tenaga perpustakaan oleh SMA Pesantren Al Bayan yang mewakili Jawa Barat akan memberikan dampak positif pada peningkatan budaya literasi siswa dan segenap stakeholder sekolah. Perpustakaan bisa memberi banyak manfaat dalam mendukung  sistem pembelajaran serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.