OSIS Al Bayan kembali hadirkan Albacadabra 2017, sebuah perhelatan akbar tahunan dalam rangka menyambut hari Pendidikan Nasional. Albacadabra 2017 mengambil tema “The Enormous Alteration” yang berarti perubahan gemilang,  memperebutkan piala gubernur Jawa Barat. Perlombaan  ini diikuti oleh peserta sebanyak 1251 peserta seluruh Indonesia. Didukung oleh sponsor 16 buah perusahaan nasional dan 4 media partner tingkat nasional baik televisi, media online, dan radio.


Acara bergengsi yang berlangsung selama 12 hari ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar bersama Ibu Gizelawati Mizwar, Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M., dan Jajang Nurjaman, coach Persib Bandung.

Wakil Gubernur Jawa Barat memberi apresiasi begitu besar kepada panitia dengan ceramahnya. Selama 1,5 jam mantan aktor top ini memberikan ceramah motivasinya. Sempat pula membacakan puisi ‘Belajar Cinta dari Pohon’ karya Ahmad Sidiq Toha.

Turut memeriahkan acara penutupan (Sabtu, 6 Mei 2017) panitia albacadabra menghadirkan artis-artis nasional, Rapper asal Bandung Ebith Beat A, The Jenggot, Teddy Snada, Ali Sastra, Egie Gustaman, dan Lilian.

Albacadabra sendiri merupakan singkatan dari Albayan's Competition as Development of Achievement and Big Revolution for All. Menggabungkan 5 Cabang perlombaan : bidang Seni dan Teknologi, kebahasaan, Kreatifitas, Olahraga, dan Keislaman. Melombakan 32 jenis cabang  perlombaan dengan total hadiah 119 juta rupiah.

Bidang olah raga (albayan Championship/ABC) melombakan Futsal dan Bola Basket untuk siswa SMP. Lomba ini mengambil tag line “Lomba kebugaran olahraga untuk generasi sehat yang menjunjung tinggi nilai sportivitas”.

Bidang kebahasaan (Glass) melombakan 8 jenis lomba yaitu News Casting, Story Telling, Speech, Pidato bahasa Arab, Deklamasi Puisi, Lomba menulis cerpen, LDBI, dan musikalisasi Puisi. Tag line dari lomba ini adalah “kecerdasan berbahasa dalam komunikasi efektif dan kreatif”.

Bidang Kreativitas (Karya Anak Bangsa Untuk Bumi / KABUM) lomba karya seni dan kreativitas dengan membawa pesan pelestarian bumi. Kabum melombakan Daur Ulang, Penulisan karya ilmiah, Tari Saman, Dongeng Sunda, Mewarnai (SD), dan Mural.

Bidang Teknologi (STARS) lomba inovasi dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan tekhnologi. Melombakan Cerdas Cermat IT, Blog, Short Movie, Presentation Design (SMP), Poster Design, Photo Hunting, 3D Wall Magazine, WPAP Ilustration Design.

Bidang Keislaman (Criterion) adalah lomba untuk mencetak insan yang islamiah di era modern dengan penerapan imaniah, dan amaliah. Criterion melombakan : MTQ, MHQ, DAI, Cerdas Cermat Keislaman, Nasyid, dan Marawis.

Seluruh kegiatan diselenggarakan dan diorganisasi oleh OSIS melibatkan 200 lebih panitia kelas XI dan Kelas X SMA.