Alhamdulillah, pustakawan Al Bayan, Heni Hikmayani Fauzia, S.Sos. berhasil meraih predikat pustakawan terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 9-12 Juni 2017 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.  Pelaksanaan lomba ini adalah kelanjutan dari pelaksanaan lomba di tingkat kabupaten dan akan terus berlanjut ke tingkat nasional.



SMA Al Bayan yang pada kegiatan ini mengirimkan pustakawannya, Heni Hikmayani fauzia, S.Sos, berhasil keluar sebagai juara I tingkat provinsi ini dan berhak mewakili Jawa Barat untuk mengikuti lomba di tingkat nasional. Sementara itu, juara II diraih oleh SMAN 1 Banjar, dan Juara III diraih oleh SMAN 6 Bogor.

Kegiatan lomba tenaga perpustakaan berprestasi dan berdedikasi ini adalah pelaksanaan lomba pertama yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan. Pelaksanaan lomba bertahap dari tingkat kabupaten kemudian berlanjut ke tingkat provinsi dan selanjutnya tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-19 Agustus 2017.

Dalam rangkaian lomba tersebut, ada beberapa poin penilaian  yaitu kelengkapan dokumen lomba,  best practice, presentasi dan wawancara serta praktik. Kelengkapan dokumen menyumbang 45% dari keseluruhan nilai, best practice 15%, wawancara dan praktik 20%, serta test tulis 20%.

Semoga dengan adanya kegiatan lomba tenaga perpustakaan akan semakin memacu sekolah sekolah untuk lebih meningkatkan lagi kualitas perpustakaan di setiap sekolahnya masing masing.  Sehingga perpustakaan bukan hanya sebagai tempat meminjam dan mengembalikan buku tapi juga sebagai pusat Sumber belajar yang efektif.