Sabtu tanggal 25 Februari 2017, SMA Pesantren Unggul Al Bayan telah mengadakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “ Problematika Membangun Budaya Sekolah Dalam Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik.”. Kegiatan tersebut dihelat di Hotel Amaris Bogor.

Acara ini mendatangkan pembicara – pembicara  nasional yang terdiri dari praktisi dan akademisi. Unsur akademisi  yang menjadi narasumber dari pemerintahan adalah Dr. Eko Warisdiono Kepala subdit Kurikulum Direktorat PSMA sebagai Keynote Speaker. Sedangkan pembicara utama seminar nasional ini adalah  Prof. Dr. Udin S Winataputra, M.A. yang merupakan salah satu anggota tim evaluasi kurikulum 2013, tim pendidikan karakter Ditjen Dikti, tim penguatan pendidikan agama dan akhlak mulia ditjen dikdas, dan dewan Pembina PP ikatan Sarjan Pendidikan Indonesia.

Dalam paparannya Prof Udin menegaskan bahwa strategi untuk membangun budaya sekolah dalm penumbuhan budi pekerti adalah :
1.    Integrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran
2.    Pembiasaan dalam kehidupan keseharian di sekolah
3.    Integrasi dalam kegiatan kesiswaan (Pramuka, olahraga, karya tulis, dsb)
4.    Penerapan pembiasaan kehidupan keseharian di rumah yang sama dengan di sekolah
5.    Perspektif nilai – nilai karakter dalam totalitas budaya belajar

Strategi di atas diharapkan dapat menciptakan peserta didik (siswa) yang memiliki karakter sesuai dengan UU RI No 17 tahun 2007 yaitu : tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bertoleran, bergotong royong, patriotic, dinamis, berbudaya, dan berorientasi Iptek berdasarkan pancasila dan dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hadir pula dalam seminar tersebut praktisi – praktisi pendidikan dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Asosiasi Sekolah Sunnah Indonesia (ASESI), dan Yayasan Sekolah Islam Al Azhar.

Seminar yang dihadiri kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari para guru dan kepala sekolah dari wilayah Sukabumi, Bogor, Jakarta  dan sekitarnya diharapkan dapat menjadi titik awal untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih menekankan kepada pembentukan karakter siswa yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan saja tetapi juga memiliki dan mengamalkan nilai – nilai spiritual dan social dalam kehidupan.

ket: Klik DISINI untuk melihat foto-foto kegiatan