Pada hari selasa pekan lalu tepatnya tanggal 17 januari 2017 sebanyak 12 orang siswa SMA Pesantren Unggul Al Bayan ditambah 2 guru pembimbing berkunjung ke Bandung tepatnya ke epicentrum Qur'an.  Epicentrum qur'an syaamil adalah salah satu destinasi wisata yabg diresmikan oleh walikota Bandung Ridan Kamil sebagai salah satu destinasi tujuan wisata edukatif yang ada di Bandung.

Eskul Book Club mengajak siswanya ke syaamil qur'an adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan siswa tentang bagaimana proses al Qur'an dibuat dari mulai proses kreatif sampai pencetakan hingga Qur'an tersebut siap diedarkan ke seluruh Indonesia dan beberapa Negara di dunia.
 
Lokasi wisata Qur'an ini terletak di jalan babakan Sari no 71 Bandung.  Kami diterima oleh pa Dikdik selaku manager wisata Qur'an.  Pada kesempatan ini para siswa diajak berbincang-bincang mengenai manfaat menghafal qur'an dan beberapa arahan sebelum berjalan jalan menyusuri seluruh area tempat produksi al qur'an.

Para siswa diajak untuk melihat langsung ke seluruh tempat yang ada di wisata qur'an,  ruangan pertama yg para siswa masuki adalah ruang kreatif dimana seluruh produksi dimulai.  Disana proses gambar dan editing berlangsung sebelum al qur'an dan buku buku syaamil naik cetak.  Kami diberi penjelasan bagaimana proses kreatif dilakukan.  Setelah mendapat penjelasan tentang proses kreatif para siswa diajak berkeliling ke percetakan Qur'an.  Disana para siswa melihat proses percetakan al qur'an.  Di dalam pabrik terdapat empat area besar yaitu proses pencetakan qur'an dan pemotongan kertas berlebih.  Area kedua adalah area dimana al qur'an dilipat dan dijahitlalu disortir.  Area ketiga adalah area dimana al qur'an dipasangi skiplat dan lem press dan dipasang penjilidan serta tali pembatas.  Lalu di area keempat adalah area quality control dan packaging atau pengemasan sebelum siap edar. 

Setelah berkeliling area pabrik para siswa menuju sygma creative media coorporation.  Hal yang menarik disana adalah kebiasaan seluruh karyawan dari semua level melakukan ibadah sholat dhuha setiap pagi setiap hari. Sebelum masuk kerja. Lalu ada kegiatan kultum, tahfidz, tahsin setiap hari.

Selesai berwisata Qur'an kami diajak untuk berkumpul di aula bawah dan dibagikan doorprize bagi yang bisa menjawab pertanyaan serta kami semua dibagi godybag yang berisi Qur'an, DVD tahsin al Qur'an dan pin wisata Qur'an.  Tidak lupa di akhir acara kami berfoto bersama.