Alhamdulillah, siswa Al Bayan, M. Iqbal Fauzan Aulia berhasil menjadi juara dalam Lomba Jawara Fisika yang diselenggarakan oleh IPB Bogor. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Jum'at, 30 September 2016 oleh Departemen Fisika IPB BogorĀ  dengan tajuk Physics Expo yang kegiatannya antara lain pameran fisika, lomba karya tulis, seminar dan lomba cerdas cermat antar SMP dan SMA se Jabar yang bernama Jawara Fisika.

SMA Al Bayan sendiri mengirimkan 4 siswa untuk mengikuti lomba Jawara Fisika. Mereka adalah M. Iqbal Fauzan Aulia, M. Marsa Naufal Purnomo, Bramanta Nararya Nurul Haq, dan Badar Jaisy Muhammad. Lomba Jawara Fisika antar SMA ini diikuti oleh 48 siswa SMA se Jawa Barat.

Pada babak penyisihan lomba berupa tes tertulis yang terdiri atas soal konsep dan analisis materi fisika dari kelas X sampai dengan kelas XII. Jenis soal berupa pilihan ganda dikerjakan selama 120 menit. Pada babak penyisihan ini terpilih 30 tim terbaik untuk melaju ke babak final. Alhamdulillah M. Iqbal Fauzan menempati peringkat ke-3. Bramanta meraih peringkat ke-10 dan Badar meraih peringkat ke- 12.

Pada babak final, sistem lombanya seperti acara kuis rangking satu di salah satu stasiun televisi,yaitu siswa menjawab soal dengan menuliskan jawabannya di kertas dan mengangkatnya. Siswa yang salah menjawab akan tersingkir dan tidak bisa melanjutkan permainan sedangkan siswa yang jawabannya benar tetap melaju ke soal berikutnya. Satu persatu 30 peserta finalis berguguran sehingga tinggal tersisa 3 siswa. Dua dari SMA N 2 depok dan satu siswa dari SMA Al Bayan, yakni M. Iqbal Fauzan Aulia. Akhirnya pada soal penentuan M. Iqbal Fauzan Aulia berhasil menjawab soal dengan benar sementara siswa yang lain menjawab salah. Dengan demikian, siswa kelas XII IPA Al Bayan atas nama M. Iqbal fauzan Aulia berhasil menjuarai lomba Jawara Fisika se Jawa Barat yang diselenggarakan oleh IPB Bogor. Semoga prestasi ini tetap dipertahankan dan menjadi motivasi bagi siswa Al Bayan lainnya.