Alhamdulillah atas karunia Alloh Swt Tim Debat SMA Pesantren Unggul Al Bayan, Farhan Abdul Majiid, M. Haykal Azka dan Satria Adhitama Sukma, meraih Juara II dalam kompetisi Debat Hukum Tingkat Nasional di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad) yang menggelar kompetisi debat SMA/ MA/ SMK tingkat nasional bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia yang bertajuk "Padjadjaran Law Fair 2014". Kompetisi ini digelar sejak Jumat (11/4/14) hingga Minggu (13/4/14) di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35, Kota Bandung.

Padjadjaran Law Fair merupakan acara akademik tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Pada tahun ini Padjadjaran Law Fair merupakan penyelenggaraan yang keenam kalinya. Tema besar dalam Padjadjaran Law Fair 2014 yaitu, “Strengthening Substantive Democracy” atau “Penguatan Demokrasi Substantif”. Tema ini diusung berkaitan dengan penyelenggaraan pesta demokrasi Indonesia.

Kompetisi yang diselenggarakan pada tahun ini mencakup Kompetisi Debat SMA tingkat Nasional, Kompetisi Debat Hukum Universitas, Kompetisi Constitutional Drafting dan Kompetisi Sidang Semu MPR. Kompetisi Debat tingkat SMA ini mempertandingkan Tim Debat dari berbagai SMA yang ada di Indonesia, yang didalam kompetisi ini terdapat pihak tim pro/ government team/ affirmative team dan pihak yang kontra/ opposition team/ negative team terhadap suatu isu – isu terkini yang berkaitan dengan tema acara. Penilaian terhadap masing – masing tim/ perseorangan didasarkan pada isi argumen, kemampuan untuk beragumen dengan baik dan bagaimana tim debat mempertahankan argumen mereka. Tim penilai akan diserahkan kepada Tim Juri yang independen dari sekjen MPR, dosen – dosen Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Adjudicator Debat yang telah berpengalaman serta para praktisi hukum yang terkemuka di Indonesia.

Untuk debat SMA terhitung sebanyak 16 tim dari berbagai SMA di seluruh Indonesia. Peserta terjauh berasal dari Sulawesi utara, SMAN 1 Beo Talaud. Sedangkan peserta terdekat berasal dari bandung itu sendiri, SMAN 1 Bandung, SMAN 3 Bandung dan juara bertahan, SMAN 5 Bandung.

Kegiatan hari Jum’at (11/04/2014) peserta mengikuti seminar yang disampaikan oleh Atip Latipulhayat, SH, L.L.M., P.h.D kemudian opening ceremony dan technical meeting. Di hari Sabtu (12/4/14), digelar babak penyisihan dan semifinal, untuk pengumuman final dan final itu sendiri diadakan pada minggu (13/4/14) atau hari terakhir penyelenggaraan.

Di babak penyisihan SMA Pesantren Unggul Al Bayan berhasil mengalahkan SMAN 3 Bandung dan SMA Kalam Kudus yang berada di chamber dua. Di semifinal ada 4 tim debat yang lolos, SMA PU Al Bayan,  SMA Taruna Nusantara, SMAN 1 Garut, SMAN 1 Beo Talaud. Di final mempertemukan  SMA Al Bayan dengan SMAN 1 Garut dengan selisih poin yang sangat tipis Al Bayan menjadi juara II. Tim debat Al Bayan atas nama Farhan Abdul Majiid dan M. Haykal Azka masuk menjadi the five best orallist, Majiid kedua dan Haykal keempat. Mudah-mudahan di Padjajaran Law Fair 2015 dapat memberikan prestasi yang lebih baik lagi. Aamiin.