Alhamdulillah… atas karunia Allah SWT., jerih payah para pembina dan siswa Al Bayan menuai hasil yang menggembirakan pada Seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2014. Pada seleksi yang digelar 1-2 April 2014 di SMA Negeri 1 Parungkuda ini, SMA Pesantren Unggul Al Bayan berhasil menempatkan 17 siswanya sebagai pemenang sekaligus merebut 8 tempat di peringkat satu dari 9 Bidang yang diperlombakan.

Dengan hasil ini, Al Bayan meraih peringkat terbaik dan menjadi sekolah yang menyumbangkan  siswa terbanyak untuk mewakili kontingen Kabupaten Sukabumi menuju Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi. OSN tingkat Provinsi pada tahun ini akan dilaksanakan di Bandung dimulai pada tanggal 10-12 Juni 2014.

Berikut ini daftar nama siswa SMA Pesantren Unggul Al Bayan yang berhasil menorehkan presatasi tersebut.
A.    Bidang Fisika

  • M. Hazmi Amrullah     (Peringkat 1)
  • Sugoi Karsodimejo     (Peringkat 4)
  • Deriansyah            (Peringkat 5)

B.    Bidang Informatika

  • M. Haykal Azka        (Peringkat 1)
  • Mutqin abdul Muiz        (Peringkat 2)

C.    Bidang Astronomi

  • Farras Cb Setiawan    (Peringkat 1)
  • M. Aditya Putra Bunayya    (Peringkat 3)

D.    Bidang Ekonomi

  • M. Rizchal Fikry        (Peringkat 1)
  • M. Raihan Firdaus     (Peringkat 3)

E.    Bidang Kimia

  • Muhammad  Azkia Rifqi A    (Peringkat 1)
  • Aziz Naufal                       (Peringkat 4)

F.    Bidang Geografi

  • Farhan Abdul Majid     (Peringkat 1)
  • M.Hilmi Ridho             (Peringkat 5)

G.    Bidang Matematika

  • Muhammad Faiq Nauval    (Peringkat 1)

H.    Bidang Biologi

  • Abdu Ravi Zakaria        (Peringkat 1)

I.    Bidang Geosains

  • M. Rahman Ghifari    (Peringkat 2)
  • Erlangga Styananda    (Peringkat 4)


Sebagaimana diketahui, OSN telah melahirkan juara-juara sains Indonesia yang mampu menjadi juara di tingkat internasional untuk bidang Fisika, Matematika, Biologi, Kimia, Geosains dan Komputer. Kegiatan OSN merupakan implementasi salah satu kebijakan pendidikan nasional yaitu peningkatan mutu, relevansi pendidikan dan peningkatan daya saing serta bertujuan untuk menjaring siswa-siswa yang unggul dibidang sains, menumbuh-kembangkan sikap kompetitif yang sehat di kalangan siswa dan memacu peningkatan mutu pendidikan di bidang sains dan teknologi. Melalui OSN diharapkan pula terbangun keseimbangan antara ilmu dan moral sehingga siswa memiliki integritas dan moral yang terbangun dari nilai kejujuran, kerja keras dan saling menghargai dalam setiap perlombaan.

OSN saat ini bukan sekedar ajang kompetesi prestasi semata tetapi telah menjadi sebuah pertarungan prestise (kebanggaan) dari siswa, sekolah, dan daerah/propinsi. Prestasi yang dicapai di OSN berdampak luas, antara lain menjadi motivasi bagi siswa lain untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya, citra sekolah dan dinas pendidikan di mata masyarakat lebih meningkat, lebih prestisius dan tercipta budaya mutu untuk lebih meningkatkan kinerja dan prestasi sekolah dan daerah pada umumnya. Prestise Dinas pendidikan propinsi juga diperoleh lewat prestasi yang dicapai di OSN bahkan menjadi nilai plus dari sebuah keberhasilan kinerja dan proses pembinaan. Pada saat yang sama image daerah pun dengan sendirinya akan meningkat dan ini akan berdampak dalam peningkan kinerja di daerah.

Namun yang harus diperhatikan adalah komitmen dan good will dari semua pihak pada OSN ini. Bila ada dukungan penuh dari pemerintah daerah, tentu akan memberikan kontribusi yang berarti bagi pencapaian prestasi dan prestise daerah itu sendiri, sebaliknya, bila OSN murni hanya hajat dinas pendidikan/kemdiknas, tanpa dukungan pemerintah daerah, jangan banyak berharap hasilnya akan lebih optimal mengangkat nama daerah.

OSN bertujuan memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai minat dan bakatnya kegiatan OSN ini juga sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing siswa dalam menyongsong masa depan bangsa. Kegiatan Olimpiade Sains Nasional merupakan program Kemendiknas yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional. Di ajang inilah akan terlihat betapa kerasnya persaingan para siswa meraih tempat terbaik di daerahnya.

Selamat kepada para siswa dan Pembina, seluruh stakeholder Al Bayan. Kami semua sangat berharap agar prestasi ini terus berlanjut hingga tingkat Nasional bahkan ke tingkat Internasional.