Jumat, 14 Februari 2014, hari yang ditunggu-tunggu siswa-siswa SMA Pesantren Unggul Al Bayan kelas X. Pada hari itu, para siswa kelas X, yang dikenal dengan nama angkatan AVERIONCE melakukan studi wisata ke Ujung Genteng dan Palabuhanratu. Studi Wisata ini merupakan program sekolah  yang bertujuan agar siswa kelas X bisa lebih mengenal tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi. Studi wisata tersebut, juga diikuti oleh beberapa guru sebagai pembimbing, yaitu Pak Ade, Pak Rudiman, Pak Irwan dan Pak Anda.

Jumat pagi pukul 07.00, perjalanan pun dimulai. Diawali dengan pelepasan oleh kepala sekolah, Drs.H. Heriyanto,M.Pd. Kurang lebih perjalanan sekira lima jam. Jalanan yang kami lewati berkelok-kelok, sesekali bertemu dengan jalan berlubang. Namun, hal itu tidak menjadi halangan bagi kami untuk menikmati perjalanan. Akhirnya, kami tiba di Ujung Genteng, Kecamatan Surade. Bus yang kami tumpangi tiba di sebuah tempat yang bernama Konservasi Penyu Ujung Genteng, Surade. Kami disambut dengan ceria oleh patung penyu yang berukuran sangat besar.

Setelah  cukup istirahat, kami memasuki aula untuk nonton film konservasi penyu dilanjutkan dengan penyuluhan terkait urgensinya melestarikan hewan penyu. Tepat pukul 17.30 kami semua menyaksikan pelepasan anak penyu (tukik). Malam hari, kami kembali menuju pantai untuk menyaksikan proses bertelurunya penyu. Kami harus bergantian melihatnya agar penyu tersebut tetap merasa aman dengan kedatangan kami. Tampak para siswa mengamati proses tersebut dengan penuh antusias. Tampak khusyu dirasakan oleh kami. Proses ritual yang dapat menambah khasanah keimanan kami kepada Dzat yang menciptakan kita, Allah Swt.  Setelah merasa cukup, akhirnya kami kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Sabtu, 15 Februari 2014, pukul 07.30, kami pun harus pamit. Perjalanan kami lanjutkan menuju Curug Cikaso yang berada 12 km dari tempat konservasi penyu Ujung Genteng.. Setelah tiba di lokasi wisata, kami menaiki perahu melewati sungai 500 meter dan tibalah kami di Curug Cikaso. Di tempat wisata ini anak-anak berenang antusias dengan keindahan dua curug yang tinggi nan indah. Setelah dirasa cukup menikmati curug ciptaan Ilahi, pukul sebelas siang kami meninggalkan area Curug Cikaso menuju pantai Palabuhanratu dengan perjalanan tiga jam.

Siang hari kami tiba di Palabuhanratu ini, kami istirahat dahuludi sebuah hotel. Hotel Augusta namanya. Sore hari kami menikmati pantai dengan bermain  futsal bersama, bola voli, tenis meja, dan lain-lain. Sungguh suasana yang sangat menggembirakan. Tak terasa malam pun dating, tiba saatnya bagi kami untuk istirahat. Malam harinya, kami isi dengan acara api unggun. Sungguh kebersamaan di antara anak-anak dan para guru begitu terasa. Malam yang terasa pendek. Acara api unggun pun usai sudah. Tampak anak-anak tidur dengan nyenyak setelah seharian merasakan nikmatnya rekreasi di Curug Cikaso dan Palabuhanratu.

Ahad, 16 Februari 2014,

Hari ini, pagi hingga siang kami habiskan untuk menikmati suasana pagi di Palabuhanratu. Siang harinya, setelah makan siang, kami pun kembali ke kampus tercinta, SMA Pesantren Unggul Al Bayan. Kembali ke kampus perjuangan, kembali pada rutinitas kami, menuntut ilmu, mencari kebaikan dunia akhirat. Sampai jumpa kembali di studi wisata tahun depan!