Pada 14 Februari 2014, siswa kelas XI IPA SMA pesantren Unggul Al Bayan sebanyak 76 orang beserta 5 orang guru pembimbing mengadakan tour ke Yogyakarta. Tujuan dilaksanakannya tour ini adalah untuk meningkatkan keakraban antarsiswa satu angkatan, tadabbur alam dan studi banding ke kampus UGM. Rute perjalanan tour ini adalah sebagai berikut:

Hari ke-1

Kamis, 13 Februari, pukul 04.00 WIB, rombongan berangkat dari SMA Al Bayan sukabumi menuju Pantai Pangandaran. Di Pangandaran, siswa bermain bola dan mandi di pantai. Kemudian siswa naik perahu menuju pantai Pasir Putih. Di atas perahu siswa menikmati sensasi ombak yang cukup besar dan melihat permukaan laut yang luas serta melihat terumbu karang yang sangat indah. Di pantai Pasir Putih, siswa melakukan diving dan berenang. Tampak monyet-monyet liar menemani keberadaan kami. Aktivitas kami setengah hari bersama Pangandaran tuntas sampai dengan pukul 19.30. Pukul 20.00 WIB, perjalanan kami lanjutkan menuju Jogjakarta.

Hari ke-2

Jumat,13 Februari,pukul 02.00 WIB, rombongan tiba di rumah makan Ambar Ketawang Wates, Yogyakarta. Rencana hari ini rombongan berkunjung ke UGM dan berwisata ke Borobudur. Menjelang waktu subuh, rombongan menuju ke masjid untuk persiapan solat subuh. Saat kami akan melaksanakan salat subuh, tanpa diduga, di luar masjid, sandal-sandal kami dipenuhi dengan debu. ADA APA INI? Pikir kami. Apakah gunung Merapi meletus lagi? Kemudian setelah masuk ke dalam rumah makan dan menonton berita di televisi, barulah kami tahu, bahwa gunung Kelud meletus dan mengeluarkan abu vulkanik yang sangat banyak. Sejenak kami berdiam diri di dalam rumah makan, sambil menunggu hujan abu segera berakhir. Ternyata sampai pukul 09.00 WIB,abu vulkanik masih menghujani bumi ini Tiba-tiba kami dapat kabar bahwa UGM diliburkan dan tidak bisa menerima kunjungan kami. Akhirnya, kami melanjutkan perjalanan melihat-lihat sekeliling jogja. Pada hari itu Jogja dipenuhi dengan kabut tebal abu vulkanik. Pandangan kami hanya bisa menjangkau maksimal 20 meteran. Bus hanya bisa melaju sangat pelan menuju lokasi Borobudur, Magelang. Di sepanjang jalan, semua rumah diliputi oleh abu vulkanik yang tebal. Tidak ada satu pun toko yang buka menjajakan dagangannya. Sementara, yang kami butuhkan adalah masker. Alhamdulillah, ada apotek yang buka sehingga kami bisa membeli masker tersebut.

Sesampainya di Borobudur, keadaan sudah mulai normal karena terguyur oleh hujan sehingga abu vulkanik mulai hilang, namun masih ada sisa abu di pinggir jalan dan di atap-atap rumah. Di Borobudur, ternyata objek wisatanya ditutup sementara, karena abu vulkanik masih menutupi candi dan stupa. Akhirnya, rombongan hanya melaksanakan solat jumat dan makan siang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju hotel Sartika di Jl R.E Martadinata no.21 Yogyakarta. Sesampainya di hotel sebagian besar siswa istirahat sampai solat magrib isya dan makan malam. Setelah pukul 20.00 WIB, siswa mulai banyak yang keluar menggunakan becak untuk melihat sekeliling Jogja sampai pukul 23.00 WIB.

Hari ke-3

Pagi harinya, Sabtu, 15 Februari 2014, pukul 08.00 WIB rombongan menuju Pantai Indrayanti di Gunung Kidul. Pukul 11.00 WIB rombongan tiba di Pantai Indrayanti dan melihat-lihat pantai yang lain seperti pantai Baron, Kukup, Krakal, Sepanjang, dan lain-lain. Pukul 12.30 WIB rombongan menuju ke Gua Pindul yang letaknya tak jauh dari pantai Indrayanti. Pukul 13.30 WIB rombongan tiba di Gua Pindul, kemudian makan siang dan melihat-lihat Gua Pindul dengan menggunakan ban dalam mobil. Pemandangan di Gua Pindul sangat menarik, karena di dalamnya terdapat sungai sedalam 1 meter hingga 12 meter dan panjangnya 350 meter. Setelah keluar dari gua anak-anak memanfaatkan momen untuk bermain-main, berenang dan terjun ke sungai. Wisata di Gua Pindul berakhir pukul 16.30 WIB. Rombongan kemudian berbilas dan solat dhuhur asar. Pukul 17.00 WIB rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Wates (RM.Ambar ketawang) untuk solat magrib isya dan makan malam. Pukul 20.00 WIB rombongan melanjutkan perjalanan malam menuju ke kampung nagrek.

Hari ke-4

Pukul 04.30 WIB rombongan tiba di RM. Kampong nagrek untuk melaksanakan solat subuh, mandi dan sarapan. Pukul 08.00 WIB rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Bandung. Pukul 09.00 WIB rombongan tiba di jl. Riau Bandung. Anak-anak dipersilakan untuk jalan-jalan menikmati suasana dan belanja di kota Bandung sampai pukul 16.00 WIB, kemudian rombongan melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi. Sesampainya di RM Ampera 2 tak Ciranjang, rombongan istirahat solat dan makan, kemudian menuju ke sukabumi. Alhamdulillah akhirnya Rombongan tiba di Al Bayan pada pukul 22.00 WIB dalam keadaan sehat wal afiat.