Alhamdulillah, dua siswa kelas XII IPA Al Bayan, Alija Rasyidi Daud dan M. Irfan Bisyr berhasil menjuarai lomba Olimpiade Fisika se Jawa Barat yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Lomba yang diselenggarakan pada hari Kamis - Sabtu, 13 - 15 Februari 2014 ini diikuti oleh 25 tim SMA dan MA se Jawa Barat dimana masing-masing tim terdiri atas 2 orang. 

Babak penyisihan berupa tes tertulis yang terdiri atas soal konsep, sejarah fisika, dan analisis materi fisika dari kelas X sampai dengan kelas XII. Pada babak penyisihan ini terpilih 10 tim terbaik untuk melaju ke babak semifinal. Alhamdulillah tim Al Bayan menduduki peringkat pertama. 

Pada babak semifinal, lomba berupa kuis yang terdiri atas 5 pos. Pos pertama adalah pos konsep fisika, pos kedua adalah pos sejarah, pos ketiga adalah pos Ayat Alqur’an, pos keempat adalah pos hitungan dan pos kelima adalah pos praktikum. Setiap tim harus melalui masing-masing pos dan mengerjakan soal yang disediakan di pos tersebut. Dari babak semifinal ini dipilih 4 tim terbaik untuk maju ke babak final. Pada babak semifinal ini Alhamdulillah tim Al Bayan kembali menduduki peringkat pertama.

Babak final berupa lomba cepat tepat yang terdiri atas sesi wajib dan sesi rebutan. Yang cukup menegangkan, nilai tim Al Bayan berkejaran dengan tim SMA N 1 Garut. Namun, pada soal penentuan, Alhamdulillah tim Al Bayan mampu merebut dan menjawabnya dengan benar. Dengan demikian tim SMA pesantren Unggul Al Bayan  berhasil meraih juara I pada lomba Olimpiade Fisika se Jawa Barat yang diselenggarakan di UIN sunan GunungDjati Bandung tersebut. Semoga raihan juara ini menginspirasi lomba-lomba yang lain dan tradisi juara senantiasa meliputi siswa dan Guru SMA Pesantren Unggul Al Bayan.