SISWA AL BAYAN MERAIH JUARA PADA AJANG LOMBA ALFEST 2021

Pendidikan tidak hanya terbatas pada hal-hal yang bersifat belajar mengajar secara formal saja, namun  pendidikan pun harus menyentuh sisi pengembangan karakter dan kompetensi sosial siswa. Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya wadah untuk mencapainya. Salah satu wadah yang dimaksud  adalah diberikannya kesempatan kepada siswa untuk mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

            Salah satu lomba yang diikuti oleh siswa Al Bayan di bulan Maret ini adalah kegiatan Alfest 2021. “Alfest” (Al Binaa Festival) 2021 adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh OSIS SMAIT Al Binaa Boarding School. Acara ini dikhususkan bagi santri / siswa laki-laki di tingkat SMA/MA/sederajat. Acara yang bertema “It’s Time to Inpsire All” ini dilaksanakan secara online. Tema yang diangkat pada tahun ini bertujuan untuk menginspirasi semua siswa Indonesia agar tidak menyerah pada kondisi sulit dan maju terus menghadapi situasi hari ini demi hari esok yang lebih cerah.

Terdapat 3 sub event dalam rangkaian acara ini, yaitu Alimpiad, Alfest talle, dan Artex. Pendaftaran acara alfest ini mulai dibuka dari tanggal 16 Januari 2021 yang dilanjutkan dengan Technical Meeting pada tanggal 14 Maret 2021, serta pelaksaan lomba pada tanggal 23 – 25 Maret 2021. Dari 1500 peserta secara nasional, sebanyak 11 siswa Al Bayan turut berpartisipasi dalam berbagai lomba pada rangkaian alfest 2021 ini, diantaranya adalah lomba menulis cerpen, short movie, dan OSA (Olimpiade Sains Alfest).

Tim short movie Al Bayan yang beranggotakan M. Raka Razienulhaq, M. Alfath Azka, dan M. Syahid Fillah berhasil meraih juara 1 dengan tema “inspiring the ummah”. Tema ini mereka angkat karena ingin menyampaikan pesan moral untuk memberikan inspirasi dan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya remaja atau pemuda Indonesia yang kelak akan menjadi pemimpin Bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, Rahmatdita Hanifiantyo pun dengan cerpennya yang berjudul “sebelum pamit” dinobatkan sebagai juara 1 dalam festival ini. Dengan cerpen ini, Hanif ingin menyampaikan pesan bahwa pandemi dunia sudah merubah tatanan kehidupan manusia pada umumnya.

Semoga kejuaraan ini dapat menularkan semangat pada siswa lain agar terus berkarya dan semangat berliterasi di kalangan siswa Al Bayan dapat terus bertumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.