Pembelajaran Al Bayan di Masa Pandemi

Masa pandemi covid19 yang tidak ada seorangpun tahu kapan akan berakhir, membuat semua aspek kehidupan mengalami perubahan. Begitupun dalam hal pendidikan. Pemerintah melalui menteri pendidikan sudah mengeluarkan keputusan untuk memberlakukan pembelajaran dengan sistem dalam jaringan (DARING) .
Pembelajaran sistem daring ini dimungkinkan dengan adanya fasilitas pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet yang tersedia. Pembelajaran daring adalah sistem yang paling memungkinkan untuk menekan laju pertumbuhan virus covid19 di Indonesia secara umum.


Pembelajaran dengan sistem daring di SMA pesantren Unggul Al Bayan dilaksanakan dengan melibatkan seluruh siswa. Seluruh perangkat tenaga pendidik dan kependidikan berperan dalam mensukseskan program pembelajaran jarak jauh ini. Dengan tugas dan perannya masing masing. Sistem pembelajaran jarak jauh ini dilaksanakan di sekolah untuk tenaga pengajar dan di rumah masing masing untuk siswa. Waktu pembelajaran tidak berbeda seperti pembelajaran pada saat masih berlangsung dengan menggunakan sistem offline.
Pada kegiatan pembelajaran dengan sistem daring ini siswa dari jam 07.30 pagi sudah dikondisikan oleh guru piket masing masing kelas agar segera bersiap mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan tepat pukul 8 pagi hingga jam 3 sore dengan 2x waktu istirahat. Kegiatan belajar daring berlangsung setiap hari dan ada pembelajaran di beberapa malam berupa kegiatan kegiatan kepesantrenan seperti tausyiah malam.


Kegiatan pembelajaran daring di SMA Pesantren Unggul Al Bayan tidak jauh berbeda dengan pembelajaran sistem offline. Karena guru dan siswa tetap bertatap muka melalui media zoom ataupun google classroom. Ada absensi dan ketika guru menerangkan pelajaran, siswa dapat memperhatikan dengan baik. Tugas tugas diberikan dalam google document untuk disetor ke masing masing guru mata pelajaran. Siswa wajib menyalakan video sehingga ada komunikasi 2 arah antara guru dan siswa. Guru dapat memantau kehadiran siswa sekaligus dapat melihat perhatian siswa terhadap keberlangsungan pembelajaran. Seluruh siswa tergabung dalam grup whatsapp untuk memudahkan komunikasi dan sebagai media penyampaian informasi informasi penting dari sekolah kepada seluruh siswa.


Begitupun dengan kegiatan kegiatan lainnya. Seperti kegiatan kesiswaan dan kegiatan kegiatan yang melibatkan siswa semua bisa dikondisikan dengan sistem daring. Seperti dalam waktu dekat akan dilakukan pemilihan ketua OSIS dan MPK. Kegiatan ini seluruhnya dilakukan di media zoom dan dilakukan dengan sistem jarak jauh.
SMA Pesantren Unggul Al Bayan alhamdulillah dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik meskipun dengan sistem daring dan pembelajaran jarak jauh. Siswa tetap dapat terlayani dalam hal pembelajaran dan kegiatan kegiatan lainnya.