Siswa Al Bayan Juara Kompetisi Penelitian Tingkat Nasional Kemdikbud RI

Nama SMA pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi kembali berkibar dalam kancah nasional. Kali ini melalui prestasi salah satu siswanya yaitu Alfito Naufal Syandana kelas XI MIPA 4. Alfito berhasil juara tingkat nasional dengan meraih medali perak dalam ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Republik Indonesia. Kegiatan KOPSI tahun ini sendiri berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara daring akibat pandemi covid 19.

Kendati saat  ini Indonesia masih dilanda pandemi,  ternyata tidak menyurutkan semangat siswa Al Bayan untuk tetap produktif, berkarya, dan berkreatifitas.  Dibawah bimbingan guru – guru Al Bayan, Alfito mengikuti KOPSI dengan mengangkat judul penelitian “Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Harga Saham dan Kinerja Perusahaan di Bursa Efek Indonesia”. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengolah data sekunder yang tersedia di website Bursa Efek Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar perusahaan – perusahaan di Indonesia terdampak oleh pandemi COVID-19 sehingga memengaruhi kinerja dan harga saham perusahaan – perusahaan tersebut.

Rangkaian kegiatan KOPSI dimulai dari Pendaftaran, Penggugahan proposal, Pelaksanaan Penelitian,  dan Penggugahan Hasil Penelitian. Berikutnya siswa yang lolos sebagai finalis akan mengikuti seleksi tingkat nasional dengan agenda kegiatan, diantaranya membuat poster penelitian,  presentasi melalui video,  dan membuat pameran yang dapat disaksikan melalui virtual Expo. Seleksi final sendiri dilaksanakan tanggal 2-7 November 2020. Dalam ajang KOPSI ini,  panitia membagi dalam 3 bidang penelitian yaitu Matematika,  Sains dan Teknologi (MST), Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR)  serta Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH). Dimana bidang ISH memperebutkan 3 medali emas,  3 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Berdasarkan rilis Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Tercatat, 1.740 proposal penelitian dari seluruh Indonesia masuk dalam seleksi kompetisi penelitian tahun ini. Dari jumlah tersebut terseleksi sejumlah 1.298 naskah penelitian dan selanjutnya diseleksi kembali menjadi 150 naskah penelitian  ke tingkat nasional. Selanjutnya,  sebanyak 283 siswa dari 87 SMA dan 25 MA dari 26 provinsi di Indonesia mengikuti seleksi tingkat nasional. Pihak kemdibkbud berharap KOPSI menjadi wadah bagi para siswa untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa

Pameran virtual expo penelitian :  

http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/kopsi_expo/public/bidang/ilmu-sosial-dan-humaniora/72

Video presentasi : https://www.youtube.com/watch?v=UmtinaNe5gg&feature=youtu.be